Pendidikan & Kesehatan

864 dari Total 4.732 Peserta Lolos SPAN-PTKI IAIN Madura

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 864 siswa dari total 4.732 pendaftar dinyatakan lulus proses Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-PTKI) 2020, di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.

“Berdasar hasil pengumuman pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SPAN-PTKI Tahun 2020, tercatat sebanyak 864 siswa dinyatakan lulus proses seleksi dari total sebanyak 4.732 pendaftar,” kata Rektor IAIN Madura, Mohammad Kosim kepada beritajatim.com, Jum’at (10/4/2020) malam.

Dari total peserta yang dinyatakan lolos dari proses seleksi, mereka tersebar di 17 Program Studi (Prodi) dari empat Fakultas berbeda khususnya dalam program Strata 1 (S1). Masing-masing Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Syariah, Tarbiyah, serta Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.

“Dari total prodi yang ada, terdapat tiga prodi berbeda yang menarik banyak peminat. Masing-masing Prodi Akuntansi Syariah, Ekonomi Syariah dan Manajemen Pendidikan Islam,” ungkap rektor yang akrab disapa Pak Kosim.

Para siswa yang dinyatakan lolos seleksi, selanjutnya harus melalui tahapan administrasi. Mulai dari pengisian form hingga pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). “Jadi setelah pengumuman ini, mereka selanjutnya harus melakukan tahapan administrasi berupa pembayaran UKT,” imbuhnya.

“Untuk tahun (2020) ini, IAIN Madura menyiapkan kuota sebanyak 2.200 bagi mahasiswa baru dengan penerapan tiga jalur berbeda. Terdiri dari jalur SPAN-PTKI sebanyak 30 persen, jalur UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) sebanyak 30 persen dan jalur Mandiri sebanyak 40 persen,” jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk jalur Mandiri juga diklasifikasikan menjadi dua katagori berbeda, yakni Mandiri Khusus dan Mandiri Umum. “Untuk katagori Mandiri Khusus diperuntukkan bagi para penghafal al-Qur’an dan (Kitab) Alfiyah Ibnu Malik seribu bait,” pungkasnya.

Baca Juga:

    Dari total empat fakultas di lingkungan perguruan tinggi yang beralamat di Jl Raya Panglegur KM 4 Tlanakan, terdiri dari sebanyak tiga prodi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yakni Prodi Akuntansi Syariah, Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.

    Untuk Fakultas Syariah terdiri dari tiga prodi berbeda, yakni Prodi Hukum Keluarga Islam (Akhwal Al-Syahsyiyah)  dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah. Satu prodi lainnya berupa prodi baru, yakni Prodi Hukum Tata Nagara atau Siyasah Syar’iyyah.

    Sementara untuk Fakultas Tarbiyah terdiri dari sembilan prodi berbeda, yakni Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal, Tadris Bahasa Indonesia, Tadris Bahasa Inggris, dan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

    Sedangkan untuk Fakultas Ushuluddin dan Dakwah terdapat dua prodi berbeda, masing-masing Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, serta Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Sementara untuk program Pascasarjana (S2) terdiri dari dua prodi berbeda, yakni Prodi Hukum Keluarga Islam dan Pendidikan Agama Islam. [pin/kun]





    Apa Reaksi Anda?

    Komentar