Pendidikan & Kesehatan

85 Peserta Ikuti Pelatihan Crew Ambulance PMI Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 85 peserta dari berbagai instansi kesehatan digembleng dengan 22 materi berbeda dalam program Pelatihan Crew Ambulance yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan.

Program yang dipusatkan di UPT Instalasi Pembangunan Sumber Daya Air Laut, Desa Padelegan, Pademawu. Para peserta menerima berbagai jenis materi berbeda secara maraton dalam pelatihan yang digelar selama hampir sepakan kedepan, terhitung sejak Senin hingga Sabtu (21-26/1/2019) mendatang.

Dari total jumlah peserta, mereka merupakan perwakilan dari berbagai instansi kesehatan di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. Di antaranya anggota PMI Pamekasan, Korp Sukarelawan (KSR) hingga petugas Puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan.

“Selama enam hari kedepan, para peserta digembleng dengan 22 materi berbeda seputar crew ambulance,” kata Wakil Kepala Markas PMI Pamekasan, Yulianto Priyatno kepada beritajatim.com, Rabu (23/1/2019).

Tidak hanya itu, guna peningkatan kapasitas dan profesionalisme crew ambulance di Pamekasan. Pihaknya juga menghadirkan pemateri yang pakar di bidangnya, di antaranya Aditya Bayu Wardana hingga Heri Suwarsono.

“Pemateri yang kita hadirkan juga para profesional, di antaranya Pak Heri Suwarsono dan Aditya Bayu Wardana. Sehingga dengan kegiatan ini nantinya kita harapkan bisa menjadikan para kru semakin profesional,” harapnya.

Dari berbagai materi Pelatihan Crew Ambulance PMI Pamekasan, di antaranya materi refresh pertolongan pertama, penugasan dan evaluasi harian, refresh fraktur dan bleeding, kepalangmerahan, refresh stabilisasi, safer acces and code of conduct, pelayanan ambulan, peralatan PP dan ambulan, dan CPR.

Selain itu juga terdapat materi lainnya, yakni GCS, pengukuran alat vital, radio komunikasi, terapi oksigen, biomekanika trauma, pencegahan infeksi, mengemudi ambulan, ekstrikasi, maintenance ambulance, breafing simulasi hingga materi RTKL. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar