Pendidikan & Kesehatan

800 Ribu Vaksin Mordena Datang, Pekan Depan Nakes Surabaya Vaksin Ketiga

Surabaya (beritajatim.com) – Vaksin ketiga untuk para tenaga kesehatan (nakes) di Kota Surabaya akan diberikan pekan depan dengan jenis vaksin Mordena dari Amerika Serikat.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku belum mengetahui akan mendapat jatah berapa untuk vaksin ketiga untuk nakes. Akan tetapi, vaksin Mordena tersebut diberikan untuk nakes di RS dan Puskesmas.

“Yang nakes kita gak tau jumlah yang turun untuk Surabaya berapa. Tapi yang pasti, modernanya kita gunakan nakes yang memang ada di rumah sakit, ada yang untuk teman-teman di puskesmas,” kata Eri kepada wartawan di Gelora Pancasila, Jumat (30/7/2021).

Eri mengatakan, jika hari ini vaksin dari pusat baru tiba di Jatim. Jumlahnya ada sebanyak 800 ribu lebih. Akan tetapi, jumlah tersebut dibagi untuk TNI, Polri dan Provinsi.

“Kita belum tau, itu aturannya dibagi 3, TNI, Polri dan provinsi. Nanti provinsi dibagi lagi per kota. Saya juga gak tau dapat berapa (untuk Surabaya). Ada sinovac, astra zeneca ada sinovam ada mordena. Mordena dibuat nakes,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, vaksinasi untuk nakes akan diberikan pada pekan depan. Mengingat di Jakarta sudah terlebih dulu melakukan suntik ketiga vaksinasi untuk nakes.

“Mordena untuk nakes itu ada rencana minggu depan, Jakarta sudah melakukan. Saat ini masih mendata nakes,” kata Fenny sapaan akrabnya.

“Moderna 48 ribu buat SDM kesehatan. Fungsi booster imun, kenapa diberikan? karena saat puncaknya covid banyak nakes tumbang,” pungkasnya.[way/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar