Pendidikan & Kesehatan

80 Persen Lansia di Desa Bawangan Jombang Sudah Divaksin

Kades Bawangan Bakhtiar Efendi sedang berbincang dengan lansia yang mengikuti pengobatan gratis di balai desa setempat, Senin (7/6/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Desa Bawangan, Kecamatan Ploso, Jombang, terus dilakukan. Salah satunya adalah vaksinasi untuk petugas pelayanan publik dan para lansia (lanjut usia).

Selain itu, warga juga selalu diminta untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak. “Di desa kami, seluruh petugas pelayanan publik sudag divaksin. Sedangkan lansia yang tervaksin mencapai 80 persen,” kata Kepala Desa Bawangan Bakhtiar Efendi ketika ditemui di sela acara pengobatan gratis untuk lansia di balai desa setempat, Senin (7/6/2021).

Bakhtiar menjelaskan, jumlah lansia di Desa Bawangan sekitar 400 orang. “Vaksinasi dilakukan dua tahap. Tempatnya di puskesmas dan balai desa. Alhamdulillah, warga sangat antusias mengikuti vaksinasi tersebut,” lanjutnya.

Hingga saat ini, lanjut Kades Bakhtiar, tidak ada pasien positif Covid-19 di desanya. Namun demikian, bukan berarti penerapan protokol kesehatan kendor. Pihaknya tetap meminta warga untuk disiplin prokes meski sudah divaksin. Bahkan pada awal-awal pandemi, Satgas Covid-19 tingkat desa melakukan pemeriksaan di gerbang masuk desa.

“Di salah satu dusun, setiap depan rumah warga menyediakan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun. Posko siaga Covid juga kita aktifkan selama 24 jam. Nah, hal-hal seperti itulah upaya kita memutus rantai penyebaran Covid-19,” katanya menjelaskan.

Sementara itu, berdasarkan data dari laman Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, Senin (7/6/2021), jumlah pasien Covid-19 terus mengalami penurunan. Dari 21 kecamatan yang ada, delapan diantaranya masuk zona kuning (risiko rendah). Selebihnya atau 13 kecamatan lainnya masuk zona hijau. Dalam arti, di 13 kecamatan tersebut, termasuk Ploso, tidak ada pasien aktif Covid-19.

Sedangkan berdasarkan jumlah, total pasien positif Covid di Jombang yang masih aktif 19 orang. Rinciannya, menjalani perawatan di RSUD Jombang sebanyak 12 orang. Kemudian RS Pelengkap dan RSNU Jombang, masing-masing satu pasien. Lalu pasien melakukan isolasi mandiri sebanyak tiga orang dan di RS lain dua orang. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar