Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

80 Penerima Beasiswa Triple Helix Ubaya Diwisuda Hari ini

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Surabaya (Ubaya) dengan bangga meluluskan 958 wisudawan yang terdiri dari 201 orang dari program Diploma III (D3), 696 orang dari program Sarjana (S1), dan 61 orang dari program Magister (S2). Sebanyak 80 wisudawan program Diploma III Politeknik UBAYA merupakan lulusan mahasiswa penerima Beasiswa Triple Helix. Beasiswa Triple Helix merupakan program kerja sama tiga pihak yaitu pemerintah Kota Surabaya, Politeknik Ubaya dan perusahaan. Rapat Terbuka Senat Universitas Surabaya dengan Acara Tunggal Wisuda Program Diploma, Sarjana dan Magister dipimpin secara daring oleh Rektor Ubaya, Benny Lianto, Sabtu (30/10/2021).

Pada kesempatan ini, Eri Cahyadi selaku Wali Kota Surabaya memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan dengan sangat baik di Ubaya. Eri Cahyadi memberikan pesan kepada para lulusan agar tetap optimis dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kondisi saat ini diharapkan tidak menyurutkan semangat wisudawan mencapai kesuksesan, melainkan sebagai ajang untuk membuktikan kemampuan sebagai manusia yang unggul, terampil dan adaptif terhadap perubahan.

“Saya sangat bangga pada wisuda kali ini karena terdapat 80 mahasiswa program diploma yang berasal dari keluarga tidak mampu penerima program beasiswa pemerintah Kota Surabaya. Perasaan itu terasa lebih lengkap karena mereka tidak hanya berhasil menyelesaikan pendidikannya, namun langsung terserap di dunia kerja. Semua ini berkat pelaksanaan kerjasama triple helix antara pemerintah Kota Surabaya, Ubaya dan perusahaan mitra,” ucap Eri Cahyadi.

Eri Cahyadi berharap sinergi yang terjalin antara pemerintah Kota Surabaya, Ubaya dan perusahaan dapat terus berlanjut serta ditingkatkan. Tujuannya agar bisa meningkatkan kesejahteraan hidup warga dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan unggul.

Rektor Ubaya, Benny Lianto mengucapkan selamat sekaligus terima kasih kepada orang tua dan wali wisudawan atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Ubaya sebagai tempat menempuh pendidikan. Benny Lianto juga merasa bangga atas kelulusan 80 mahasiswa penerima program Beasiswa Triple Helix batch pertama. Dirinya menjelaskan bahwa 80 mahasiswa ini dapat berkuliah di Politeknik Ubaya dengan pembiayaan sepenuhnya dari pemerintah Kota Surabaya dan selanjutnya dapat berkarier di perusahaan mitra.

“Kami sangat percaya para wisudawan telah siap memasuki ‘kampus kehidupan’ dengan bekal soft skill dan hard skill yang diperoleh selama menempuh perkuliahan di Ubaya. Ubaya selalu mengutamakan komitmen utuh untuk mengutamakan kualitas, karakter, dan integritas yang tinggi dalam proses pendidikannya sehingga mampu menghasilkan lulusan yang siap berkiprah dan berkarya di tengah masyarakat,” terangnya.

Selain mendapat pesan dari Wali Kota Surabaya, para wisudawan berkesempatan mendengarkan pesan dan motivasi dari seorang public figure Indonesia yang terkenal dengan segudang prestasi yaitu Cinta Laura. Cinta Laura menyampaikan jika para wisudawan Ubaya patut bangga dengan kemampuan diri sendiri karena telah menggali dan mencari ilmu bersama murid-murid terbaik dari berbagai latar belakang budaya dan daerah Indonesia. Menurutnya, wisudawan Ubaya adalah representasi Indonesia yang sejati karena beragam, memiliki toleransi dan memegang teguh Bhineka Tunggal Ika.

“Jangan pernah membiarkan siapa pun membuat kalian merasa kecil, karena sebuah kekurangan atau perbedaan yang dimiliki. Kalian harus bangga dengan kemampuan diri sendiri dan percaya bahwa kalian memiliki skill set, intelegensi, kemampuan dan potensi yang setara dengan siapa pun di dunia ini. Selamat dan sukses untuk wisudawan-wisudawati. Banggalah menjadi orang Indonesia dan teruslah menjelmakan lambang Garuda di mana pun kalian berada. Viva UBAYA!” kata aktris dan penyanyi muda Indonesia ini.

Wisuda periode genap tahun 2020/2021 kali ini, Ubaya memberikan penghargaan kepada 35 lulusan sebagai Wisudawan Berpredikat Summa Cumlaude Universitas Surabaya. Penghargaan tersebut diberikan kepada lulusan yang mempunyai prestasi kurikuler tinggi dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sebesar 3,90 atau lebih dengan masa studi normal atau lebih cepat. Selain itu, UBAYA juga memberikan penghargaan kepada sembilan lulusan sebagai Wisudawan Berpredikat Teladan Universitas Surabaya atas prestasi yang telah diraih selama berkuliah di Ubaya. Pemberian penghargaan tersebut meliputi prestasi kurikuler dan ekstrakurikuler yang cukup tinggi sesuai dengan ketentuan SK Rektor yang berlaku.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi untuk memberikan ilmu untuk seluruh wisudawan, khususnya pemerintah Kota Surabaya dan perusahaan kerja sama atas terselenggaranya Beasiswa Triple Helix di Politeknik Ubaya. Sebagai kampus yang mengedepankan pendidikan terapan, kiranya pendidikan yang telah ditempuh wisudawan dapat menjadi pintu gerbang profesional dan kesuksesan mereka di masa mendatang,” tutup Direktur Politeknik Ubaya, Agung Sriwardhani, S.E., M.A. [kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar