Pendidikan & Kesehatan

7 Kecamatan Kepulauan di Sumenep Bertahan Zona Hijau, 20 Kecamatan Zona Kuning dan Oranye

Sumenep (beritajatim.com) – Kabupaten Sumenep dilihat pada peta sebaran Covid-19 mulai berubah warna. Tidak lagi berwarna merah, namun didominasi warna kuning atau kategori risiko rendah.

Berdasarkan data yang diposting di instagram Dinas Kesehatan Sumenep, dari 27 kecamatan, 14 kecamatan diantaranya merupakan zona kuning. Semuanya di wilayah daratan. Kemudian 6 kecamatan zona oranye atau risiko sedang, yaitu 4 kecamatan wilayah daratan dan 2 kecamatan di kepulauan. Sedangkan sisanya, 7 kecamatan berwarna hijau. Semuanya di wilayah kepulauan.

Sementara total kasus terkonfirmasi Covid-19 di Sumenep hingga Kamis (23/07/2020) sebanyak 189 kasus, atau bertambah 1 kasus dari data sebelumnya.

“Pasien nomor 189 itu adalah perempuan berumur 55 tahun berdomisili di Kecamatan Kota Sumenep. Yang bersangkutan merupakan pasien di RSUD dr. H. Moh. Anwar. Saat dilakukan swab, hasilnya positif,” kata Humas Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya.

Meski hari ini ada penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 1 orang, namun jumlah pasien yang dinyatakan sembuh juga bertambah. Hari ini jumlah pasien sembuh bertambah 2 orang dibanding data kemarin. Dengan demikian, total pasien sembuh di Sumenep sebanyak 126 orang.

“Pasien dinyatakan sehat atau sembuh sehat apabila hasil pemeriksaan secara klinis membaik serta tidak ditemukan gejala dan tanda infeksi Covid-19 lagi. Untuk semua pasien yang dinyatakan sembuh itu diminta tetap melakukan isolasi mandiri secara ketat setelah keluar dari rumah sakit,” ucap Ferdiansyah.

Menurutnya, untuk terus menekan penyebaran Covid-19, dibutuhkan kesadaran semua pihak agar selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan. “Selalu gunakan masker dengan benar, jaga jarak minimal satu setengah meter, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir,” terangnya. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar