Pendidikan & Kesehatan

690 Calon Mahasiswa Baru Unej Terima Kartu Indonesia Pintar

Gedung Universitas Negeri Jember (Unej)

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 690 orang dari 2.362 orang calon mahasiswa baru Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, berstatus penerima Kartu Indonesia Pintar-Kuliah. Mereka lulus jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020.

Jumlah ini lebih banyak dari tahun sebelumnya dari jalur yang sama. Program KIP-Kuliah ini sebelumnya disebut program Bidikmisi yang memang diperuntukkan siswa dari keluarga kurang mampu, namun memiliki kemampuan akademik untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri. Hingga semester genap tahun akademik 2019/2020 ini, total ada 5.148 mahasiswa Universitas Jember dari berbagai angkatan yang menerima Bidikmisi.

“Panitia daftar ulang mahasiswa baru Universitas Jember akan melakukan verifikasi lanjutan kepada calon maba pemegang KIP-Kuliah, apakah benar-benar layak mendapatkan bantuan atau tidak,” kata Kepala Sub Bagian Humas Universitas Jember Rokhmad Hidayanto, Selasa (21/4/2020).

Jika memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud RI, maka calon maba jalur SNMPTN dengan status calon penerima KIP-Kuliah akan bebas Uang Kuliah Tunggal (UKT). Mereka akan menerima biaya hidup setiap bulan selama kuliah empat tahun. Mereka juga berkesempatan mendapatkan berbagai pelatihan guna meningkatkan kemampuan. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar