Pendidikan & Kesehatan

6 Pasien Covid-19 Kota Malang Tertular dari Anggota Keluarga Yang Meninggal Dunia

Rapid test secara acak pada puluhan remaja di Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Kluster keluarga penyebaran Covid-19 terus bertambah di Kota Malang. Enam orang yang masih anggota keluarga dinyatakan positif Covid-19 usai tertular dari salah satu anggota keluarga yang meninggal dunia karena virus menular ini.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Mu’arif membenarkan mereka merupakan satu keluarga namun tidak satu rumah. Setelah salah satu anggota keluarga terkonfirmasi positif, Satgas langsung melakukan tracing dan uji swab kepada anggota yang memiliki riwayat kontak.

“Dari satu anggota keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Lalu kami lakukan tracing, pasien tersebut kontak dengan siapa saja. Kami lakukan swab. Ternyata ada 6 yang positif,” ujar Husnul.

Husnul menyebut, penyebab penularan Covid-19 pada kluster keluarga ini karena anggota keluarga pertama yang terkonfirmasi memiliki mobilitas tinggi. Kini 6 anggota keluarga itu ada yang menjalani isolasi mandiri dan perawatan di rumah sakit. “Satu pasien ini memiliki mobilitas yang tinggi. Sehingga menyebabkan ada 6 orang yang ada hubungan keluarga dengannya tertular Covid-19,” kata Husnul.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto mengumumkan data terbaru penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Total data per Jumat, (12/6/2020) ada 86 pasien positif Covid-19. 45 pasien dalam perawatan, 36 pasien dinyatakan sembuh, dan 5 pasien dikabarkan meninggal dunia.

“Untuk jumlah orang dengan resiko 2.403, pasien dalam pengawasan 279, pasien dalam pengawasan sehat 153, dan pasien dalam pengawasan yang sedang dirawat berjumlah 103 orang,” tandas Nur Widianto. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar