Pendidikan & Kesehatan

57 Penghuni Lapas Porong Positif Covid-19

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sebanyak 57 penghuni Lapas Kelas 1 Surabaya di Kecamatan Porong, terpapar Covid-19. Dua di antara mereka meninggal dunia, satu dinyatakan sudah sembuh dan satu lagi kondisinya terus membaik menuju sembuh.

Dari 57 penghuni Lapas Porong yang positif Covid-19 tersebut, empat di antaranya adalah pegawai lapas dan harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sementara ke 51 napi yang lain, diisolasi di dalam Lapas Porong.

Meningkatnya penghuni lapas yang terkena Covid-19, pihak lapas langsung melakukan 3 T yaitu tracing, test dan treatment. Pihak lapas juga memberlakukan protokol kesehatan secara ketat.

Kalapas Kelas 1 Surabaya, Gun Gun Gunawan juga mengatakan sudah memisahkan penghuni lapas yang berusia lanjut sekitar 40 orang. Sebab kelompok lansia ini rawan tertular Covid-19. “Kami akan berencana menambah ruang isolasi memanfaatkan gedung yang biasa digunakan untuk laundry. Sehingga nantinya ada tiga tempat isolasi yang mampu menampung sekitar 120 orang,” katanya Jumat (28/8/2020).

Gin menyebutkan, saat ini jumlah napi yang menghuni Lapas Porong sebanyak 2.356 orang. Padahal idealnya hanya dihuni 1.050 orang.

Sementara salah satu napi yang meninggal akibat Covid-19 adalah mantan Walikota Mojokerto KH. Mas’ud Yunus. Almarhum diketahui terpapar karena tertular warga binaan lain satu sel yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Almarhum termasuk orang tanpa gejala sehingga diiisolasi dalam lapas. “Karena kondisinya terus memburuk akhirnya dilarikan ke rumah sakit, dan hanya sehari dirawat, yang bersangkutan meninggal. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar