Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

5 Mahasiswa FKIP Unisma Jalani KKN dan PPL di Provinsi Krabi Thailand

Malang (beritajatim.com) – Lima mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang (FKIP Unisma) jalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di Provinsi Krabi, Thailand.

Kelima mahasiswa yang berasal dari program studi Bahasa Inggris (PBI) itu akan melangsungkan KKN-PPL selama satu bulan dari 23 September hingga 19 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai kampus yang berasal dari penjuru Indonesia. Kelima mahasiswa PBI Unisma di antaranya Muhamad Zainush Sholihin, Diana Indah Fitriyah, Kholilatul Muhanawaroh, Maulidya Shovi Agustina, Silmy Amelia.

Dosen pendamping PPL-KKN Thailand, Prayitno Tri Laksono, berpesan agar mahasiswa menjaga etika dan tanggung jawab untuk belajar secara baik di Krabi, Thailand.

“Keberangkatan mahasiswa dalam program ini nantinya di Negara Thailand tidak akan melihat dari Universitas mana mahasiswa berasal akan tetapi dari negera mana mahasiswa datang oleh karena itu etika dan tanggung jawab harus dipegang teguh oleh setiap mahasiswa karena nama Negara Indonesia yang dibawa,” ujar Prayitno dalam keterangannya pada Jumat (30/9/2022).

Salah satu peserta PPL-KKN Thailand, Muhammad Zainus Sholihin, membagikan kesan dan pesannya mengikuti kegiatan tersebut. Zainus menceritakan jika dia bersama empat orang lainnya ditempatkan di Eakkapap Sasanawich Islamic School.

“Kami diterima oleh penggagas Eakkapap Sasanawich Islamic School yang dijuluki Babo atau dalam bahasa Indonesia adalah kyai, beliau mengajak mahasiswa pergi jalan-jalan sekaligus mengenal lebih dalam sejarah dan monumen yang ada di Thailand sejak puluhan juta tahun yang lalu,” jelasnya.

Perjalanan itu, kata dia, dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan sejarah, peninggalan sejak puluhan juta tahun lalu, makanan, budaya, agama dan lokasi wisata yang yang ada di Thailand.

“Perjalanan tersebut sangatlah berharga bagi mahasiswa Indonesia pastinya karena dari hal tersebut dapat diketahui bahwa bukan hanya banyaknya wisatawan lokal yang meramaikan tempat wisata, namun wisatawan dari berbagai Penjuru Negara ikut meramaikan,” imbuh mahasiswa yang saat ini juga menjabat ketua BEM FKIP Unisma.

Perjalanan di negara Thailand selanjutnya akan dilanjutkan dengan proses kegiatan belajar mengajar melalui PPL. Kegiatan KKN akan diisi dengan pembelajaran sejarah dan monumen di Thailand sebagai bentuk pemahaman budaya.

“Ini merupakan hal baru untuk mahasiswa Indonesia yang menjadikan rasa penasaran akan keindahan dan keunikan Thailand,” jelas Zainush lebih lanjut.

Sebagai informasi, Krabi terletak di bagian selatan Thailand, sepanjang Andaman. Berbatasan langsung dengan Provinsi Phang Nga, Surat Thani, Nakhon Si Thammarat and Trang. Penyambutan mahasiswa pada 23 September berlangsung di Aekkapap Sasanawich Islamic School.

Sambutan oleh pihak Thailand itu sekaligus dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian dalam keberlangsungan kegiatan serta keberlanjutan MoU. [dan/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar