Pendidikan & Kesehatan

5 Anjal Diminta Baca Surat Pendek dan Menyanyikan Lagu Nasional

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak lima anak jalanan (anjal) yang diamankan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mojokerto merupakan dari Mojokerto dan Jombang. Mereka diminta membaca surat pendek dalam alquran dan menyayikan lagu nasional.

Meski berstatus anjal, kelimanya fasih membaca surat pendek alquran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya maupun menyebutkan lima sila dalam Pancasila. Ini dilakukan setelah mereka didata dan membuat surat pernyataan.

Salah satu anjal asal Jombang terlihat tenang saat membacakan salah satu surat pendek dalam alquran dan memandu teman-temannya menyayikan lagu Indonesia Raya. “Saya saja yang memimpin, kamu tidak bisa, saya dulu anak Pramuka,” katanya, Selasa (30/7/2019).

Namun mereka harus hormat ke bendera merah putih yang ada di halaman kantor Satpol PP saat tidak bisa menyanyikan lagu Padamu Negeri. Mereka mengaku, sebelum menjadi anjal merupakan pelajar namun memilih putus sekolah karena alasan orang tua.

“Males di rumah, orang tua bertengkar terus dan kita juga tidak sebegitu diperhatikan. Jadi kita senasib dan memilih tinggal di jalanan sebagai anak jalanan,” tegasnya.

Sementara itu, Sekertaris Satpol PP Kota Mojokerto, Sugiono mengatakan, lima anjal tersebut terdiri dari tiga perempuan dan dua laki-laki. “Kami dapat laporan dari masyarakat adanya anak jalanan yang meresahkan sehingga kita amankan dan dibina,” tuturnya.

Karena dari kelima anjal tersebut tidak ada yang mempunyai identitas sama sekali, ditambah mereka rata-rata masih di bawah umur. Sehingga petugas mengantarkan mereka kerumah masing-masing dan meminta untuk tidak berkeliaran di Kota Mojokerto.

Selain itu, tegas Sugiono, kelima anjal tersebut selain diminta membuat surat pernyataan tidak boleh mengulangi juga diberikan surat penyataan agar tidak masuk ke wilayah Kota Mojokerto. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar