Pendidikan & Kesehatan

5.276 Lansia Kabupaten Kediri Disuntik Vaksin AstraZeneca

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri mulai melakukan vaksinasi terhadap warga yang masuk dalam usia lanjut. Pada vaksinasi, Pemkab Kediri menggunakan vaksin astrazeneca yang tingkat kehalalannya sudah diakui pemerintah.

Vaksinasi sasaran lanjut usia ini dilakukan secara serentak di 26 Kecamatan se-Kabupaten Kediri.
Pelaksanaan vaksinasi ini ditujukan warga dengan rentang usia 59 tahun keatas. Targetnya, lebih dari 250 ribu lansia. Data tersebut berdasarkan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kediri.

“Pelaksanaan vaksinasi lansia tentunya menggunakan ketersediaan vaksin yang didapatkan Pemkab Kediri. Vaksinasi lansia ini seperti yang dilakukan kepada 5.276 orang di Kecamatan Pagu,” ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Pagu, Dewi Kasanah Murtiningsih.

Sebanyak 5.276 orang lansia didapatkan dari 12 desa yang ada di Kecamatan Pagu. Pelaksanaannya secara bertahap di dua puskesmas, yakni Pagu dan RS Aura Syifa 2.

Untuk pelaksanaan vaksinasi lansia tahap pertama ini, pihaknya menargetkan waktu selama 8 hari kedepan. Dengan pembagian tempat, sebanyak 806 orang di Puskesmas dan 500 orang di Aura Syifa 2 Pagu.

Vaksinasi sasaran lansia ini tidak ada perlakukan secara khusus. Masih sama halnya saat vaksinasi usia 59 tahun ke bawah, hanya saja ada tambahan lebih berhati-hati pada saat tahapan skrining. Lebih lanjut, pihaknya menuturkan pelaksanaan vaksinasi ini akan selesai sebelum bulan Ramadan tiba. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar