Pendidikan & Kesehatan

43 Politeknik Negeri Gelar Seleksi Mahasiswa Baru Bersama

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 43 politeknik negeri di Indonesia sudah sepakat akan mengadakan seleksi bersama, baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) maupun SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri).

SBMPN merupakan seleksi mahasiswa baru melalui ujian tulis. SNMPN merupakan jalur tanpa tes berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik serta non akademik.

Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Jember Surateno mengatakan, dari tahun ke tahun peminat dan pendaftar jalur ini meningkat signifikan. “Hal ini menunjukkan bahwa orangtua dan siswa makin memahami keistimewaan belajar di Politeknik,” katanya, sebagaimana dilansir Humas Politeknik Jember, Jumat (3/1/2020).

Menurut Surateno, di politeknik, pengembangan skill sangat menonjol melalui komposisi praktikum lebih dominan dan teori dalam proses belajar mengajar.

Surateno mengatakan, masyarakat dan siswa harus memahami potensi dan cita-cita, sebelum mencari informasi yang akurat dan mencari perguruan tinggi negeri yang tepat.

“Sebagian orangtua dan siswa hanya mengetahui dan mengandalkan jalur SNMPTN dan SBMPTN saja. Padahal ada jalur lain yang khusus untuk melanjutkan ke jenjang PTN vokasi (Politeknik Negeri) melalui jalur SNMPN dan SBMPN,” kata Surateno. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar