Pendidikan & Kesehatan

Koperasi ITS Rencana Bangun Taman Terbuka Hijau

Surabaya (beritajatim.com) – Pembangunan fasilitas di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus dilakukan guna menunjang berbagai kegiatan sivitas akademikanya. Salah satunya, dengan memperbaharui wajah Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) ITS. Pembangunan ini diharapkan mampu mendekatkan koperasi ITS dengan sivitas akademika, sekaligus membangun kepercayaan antara anggota dan mitra koperasi.

KPRI ITS sendiri merupakan organisasi yang beranggotakan dosen dan tenaga kependidikan ITS, dan telah dibentuk sejak tahun 1981. Ketua KPRI ITS, Drs Ec Murtriyono MSi menjelaskan bahwa berbagai pembenahan terus dilakukan baik dari sistem kepengurusan hingga penambahan fasilitas supaya koperasi ITS semakin bagus dan nyaman.

Pria yang akrab disapa Mur ini menjelaskan, pada kepengurusan tahun 2015, KPRI ITS untuk pertama kalinya melebarkan usaha dengan membuka minimarket dengan nama K-Mart. Sejak saat itulah keberadaan koperasi ITS mulai dikenal oleh para mahasiswa. Sejalan dengan makin terkenalnya KPRI ITS, pengurus koperasi terus berbenah baik dalam aspek fisik maupun non fisik.

“Pembenahan dalam hal non fisik dilakukan dengan membentuk KPRI ITS menjadi koperasi yang sehat dan baik dari sisi usaha maupun pengelolaannya. Adapun dalam hal fisik, akan dilakukan perluasan minimarket, sarana parkir, penempatan gazebo serta berbagai perbaikan fisik di tempat usaha,” jelas Mur.

Ia menambahkan, pada Januari 2019 KPRI ITS bersama mitra koperasi berencana untuk membangun taman terbuka hijau di lingkungan kampus. Keberadaan taman ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika ITS sebagai tempat bercengkrama sekaligus makan dan minum di K-Mart.

Dijelaskan oleh Mur, berbagai pembangunan fisik KPRI yang telah dilakukan selama ini dibiayai dengan dana yang berasal dari Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi sendiri. Adapun untuk pembangunan taman terbuka hijau dan fasilitas pendukungnya, sedang dalam proses untuk memperoleh bantuan dana dari Ikatan Orangtua Mahasiswa (IKOMA) ITS, Ikatan Alumni (IKA) ITS, serta mitra koperasi lainnya. “Finalisasi rancangan dan anggaran akan segera dilakukan agar Januari ini pembangunan bisa segera dilaksanakan,” pungkasnya. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar