Pendidikan & Kesehatan

4 Ruang SDN 3 Pelem di Ponorogo Rusak

Kondisi salah satu ruang di SDN 3 Pelem (foto : Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Sebanyak 4 ruang di SDN 3 Pelem Kecamatan Bungkal Ponorogo mengalami kerusakan. Jenis kerusakannya pada plafon di ruang kelas 1 hingga 4. Selain itu di sejumlah bagian, kayunya juga mulai keropos. “Kerusakan ini sudah terjadi sejak 2 tahun yang lalu,” kata Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) SDN 3 Pelem Misroto, Senin (9/3/2020).

Melihat kondisi plafon tersebut, Misroto menyebut pihak sekolah berinisiatif untuk melepas plafon kelas. Dimana itu dilaksanakan pada hari Sabtu (7/3/2020) lalu. Hanya menyisakan kayu rangka plafon yang masih ada, itupun kondisinya juga keropos. “Sengaja kami lepas plafon tersebut, karena takut kalau mengenai anak-anak. Sebab sebagian plafon menggantung akan jatuh,” katanya.

Sementara itu Kabid SD Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo Imam Muslihin mengungkapkan tim sarana dan prasarana sudah mengecek fisik keadaan SDN 3 Pelem. Dari hasil pengecekan tersebut, memang perlu dilakukan rehab.

Untuk itu, pihaknya mengusulkan dananya dari perubahan anggaran keuangan (PAK) 2020. Selain itu juga bisa diusulkan sari dana alokasi khusus (DAK) 2021. Selain SDN 3 Pelem, Imam menyebut jika sekolah lain yang mengalami kondisi yang sama juga cukup banyak. “Ini sudah kami usulkan bareng-bareng dengan sekolah lain yang juga perlu dirahab. Bisa dari dana PAK, DAK, DAU atau sumber pembiayaan lain,” pungkasnya.(end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar