Pendidikan & Kesehatan

4 Positif Covid-19 Sumenep Tertular dari Pasien Sebelumnya

Virus Corona Covid-19

Sumenep (beritajatim.com) – Empat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep, yakni pasien nomor 13sampai 16, tertular dari pasien sebelumnya.

“Empat pasien ini semuanya transmisi lokal. Jadi mereka tertular sebagian besar karena merupakan kontak erat pasien sebelumnya,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sumenep, Slamet Budiharjo, Jumat (5/6/2020).

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep pada Kamis (4/6/2020) bertambah 4 orang. Semuanya warga Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep. Mereka disebut sebagai pasien ke-13, 14, 15, dan 16. Dua diantara mereka berjenis kelamin laki-laki, dan dua lainnya perempuan.

Salah satu dari empat pasien tersebut berprofesi sebagai guru. “Iya, benar. Salah satunya ada yang berprofesi guru. Tetapi sudah melakukan isolasi mandiri sejak belum diketahui terkonfirmasi positif,” terangnya.

Ia memaparkan, pasien ke-13 merupakan klaster perbankan. Artinya, terjangkit virus corona dari pasien yang sebelumnya (bekerja di salah satu bank) yang sudah divonis Covid-19.

Foto ilustrasi virus Corona

Sedangkan pasien ke-14 dan 15 yang berada dalam satu alamat juga klaster perbankan. Keduanya merupakan kontak erat dengan klaster perbankan yang rapid test nya reaktif, tetapi swabnya negatif. Sementara pasien ke-16 merupakan klaster Moncek, Kecamatan Lenteng, Sumenep.

“Pasien ke-16 ini kontak erat dengan orang yang bekerja di Moncek, yang rapid test-nya reaktif. Jadi ini bukan klaster Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal beberapa waktu lalu di Lenteng,” paparnya.

Hingga saat ini, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep sebanyak 16 orang. Namun 4 diantaranya telah dinyatakan sembuh. Sisanya masih dirawat di rumah sakit. 10 pasien dirawat di RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep, dan 2 lainnya dirawat di Surabaya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar