Pendidikan & Kesehatan

4 Orang di Kabupaten Malang Positif Covid-19, 1 Orang Meninggal

Malang (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan Malang dan Surabaya masuk zona merah akibat dampak dari wabah Corona Virus Disease 2019 (covid-19).

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Arbani Mukti Wibowo mengatakan, saat ini di Kabupaten Malang sudah terdapat empat orang yang positif Covid-19.

“Empat orang tersebut satu sudah meninggal dunia, dan tiga orang saat ini dalam penanganan di Ruang Isolasi,” ungkapnya, saat ditemui awak media, di posko Covid-19 di Pendopo Panji, Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (23/3/2020).

Menurut Arbani, saat ini di Kabupaten Malang sudah terdapat 16 Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan 6 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Enam PDP tersebut kini telah ditangani di Ruang Isolasi di Rumah Sakit,” tegasnya.

Dengan cepatnya penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut, lanjut Arbani, masyarakat diimbau supaya tidak panik dan mengetahui apa saja ciri-ciri dan gejalanya.

“Virus corona dapat menyebar melalui infeksi ke orang lain dengan melalui kontak langsung seperti menyentuh atau berjabat tangan,” tegasnya.

Seperti yang dilansir dari health.kemenkes.go.id, berikut ini adalah gejala dan ciri-ciri dari virus corona (kemenkes.go.id):

– demam.
– batuk pilek.
– sulit bernapas/gangguan pernafasan.
– sakit tenggorokan.
– letih lesu.

Untuk pencegahan terhadap tersebarnya virus corona ini, World Health Organization (WHO), telah memberikan langkah-langkah untuk pencegahan tersebarnya Virus Corona (Covid-19) seperti yang di cantumkan di Twitter @WHO sebagai berikut:

1. Hindari mengkonsumsi daging dan telur mentah.
2. Hindari area berasap atau merokok.
3. Minum obat segera setelah gejalanya muncul dan jangan biarkan kondisinya menjadi parah.
4. Rajin mencuci tangan setelah bersin atau batuk.
5. Tutup mulut sebelum batuk atau bersin dengan tisu atau siku, atau gunakan masker.
6. Jika Anda yakin telah terinfeksi, hindari kontak dekat dengan orang-orang.
7. Harus berolahraga dan memiliki waktu istirahat yang tepat.
8. Menjauhi area-area keramaian.
9. Bersihkan tangan dengan sabun dan air atau hand rub yang mengandung alkohol.
10. Jika memasak daging untuk dikonsumsi, sebaiknya Anda memperhatikan tingkat kematangan daging dengan baik.
11. Menggunakan perlindungan atau pengaman tubuh ketika akan melakukan kontak dengan binatang liar atau binatang peliharaan. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar