Pendidikan & Kesehatan

4 Kali Swab, Pasien Covid Sumenep Dinyatakan Sembuh

Foto ilustrasi

Sumenep (beritajatim.com) – Kabar baik datang dari RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep. Satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat di ruang isolasi rumah sakit tersebut dinyatakan sembuh dan diijinkan pulang.

“Alhamdulillah, salah satu pasien kami atas nama Ibnu, warga Saronggi, dinyatakan sembuh dan bisa pulang ke rumahnya,” kata Ketua Tim Kewaspadaan Covid-19 RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep, dr Andre Dwi Wahyudi, Sp Paru, Minggu (24/05/2020).

Pasien yang dinyatakan sembuh itu merupakan salah satu tenaga paramedis yang terpapar saat mengikuti bimbingan sebagai TKHI di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Yang bersangkutan dirawat di ruang isolasi Covid-19 RSUD dr H. Moh. Anwar sejak 24 April 2020. Pasien tersebut dirawat bersama tiga pasien lain yang terpapar dari cluster yang sama.

“Pasien ini sudah menjalani empat kali swab. Dua kali swab terakhir hasilnya negatif, sehingga dinyatakan sembuh dan bisa pulang,” ujar Andre.

Hasil swab keempat dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya baru diterima Jumat (22/05/2020) sore. Hasil swab tersebut serupa dengan hasil swab ketiga pada 29 April 2020.

“Karena dua kali swab terakhir hasilnya sama-sama negatif, maka yang bersangkutan diijinkan pulang,” ucap Andre.

Sementara Ibnu Faridul Wahed mengaku sangat bersyukur diberi kesembuhan dari Covid-19 dan diijinkan pulang ke rumahnya. “Alhamdulillah, bahagia sekali saya dinyatakan sembuh dan diijinkan pulang. Ini benar-benar hadiah lebaran yang patut disyukuri,” ujarnya sambil tersenyum.

Ia berharap agar masyarakat tidak mengucilkan pasien positif Covid-19, karena penyakit yang disebabkan virus tersebut bukan aib.

“Covid-19 itu bisa disembukan. Ini bukan aib. Jadi mohon bagi masyarakat untuk tidak mengucilkan pasien yang dinyatakan positif,” pintanya.

Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan.

“Tolong patuhi imbauan pemerintah. Stay at home. Apabila harus keluar rumah, jangan lupa pakai masker, perhatikan physical distancing, dan cuci tangan,” paparnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar