Pendidikan & Kesehatan

4 Dosen Asal Surabaya Lanjutkan Studi Doktoral di Malaysia

Surabaya (beritajatim.com) – Tiga dosen Untag Surabaya dan satu dosen Unigres berhasil diterima di Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) untuk melanjutkan jenjang Study Doktor atau S3. Ketiga dosen Untag itu adalah Supangat, M.Kom., I.T.I.L., C.O.B.I.T., (Teknik Informatika), Ir. Zainun Achmad, MT (Teknik Mesin) dan Agus Hermanto, S.Kom., M.Kom. (Teknik Informatika), dan Eddy Priyanto,ST,MT

Dr. Mohd Hisyam bin Abdul Rahim, Wakil Dekan Pusat Pengajian Siswazah UTHM Malaysia mengatakan, ada 9 Dosen Indonesia yang mendaftar di UTHM per tanggal 25 Februari 2020, diantaranya ada 3 dosen dari Untag Surabaya.

Dengan adanya mahasiswa dari Untag Surabaya akan menjadikan kerjasama di masa mendatang dalam bidang akademi seperti penulisan, penerbitan, pengajuan konferens. Dimana akan menguntungkan kedua belah pihak di tingkat Internasional.

“Kami sangat berbesar hati dengan adanya mahasiswa dari Indonesia, karena sebagai Negara tetangga harus saling membantu dalam perkembangan ilmu akademisi khususnya di tingkat Perguruan Tinggi,” paparnya.

Mohd Hisyam melanjutkan, kebanyakan mahasiswa dari Indonesia mengambil jenjang S3 dibidang sains dan teknologi enginering. Yaitu berkaitan tentang fakultas-fakultas teknik seperti teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, dan teknik informatika.

Tetapi, selain jurusan tersebut sebenarnya masih banyak lagi bidang ilmu yang bisa diambil dan berpeluang untuk mahasiswa Indonesia seperti manajemen, pendidikan, agama, dan sejarah. Lebih lanjut, Ia mengaku bahwa sebelumnya banyak mahasiswa Indonesia yang kuliah di UTHM Malaysia. Serta jumlahnya terus meningkat setiap tahun.

“Ada beberapa faktor yang membuat pelajar Indonesia terus mengalami peningkatan, diantaranya adalah faktor alumni. Para alumni UTHM sendiri sudah cukup banyak di Indonesia, sehingga sangat membantu dalam hal promosi, khususnya di Batam dan Riau. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur baru tahun ini ada. Jadi saya sangat bersyukur juga karena ini bisa menjadikan pasaran baru kedepannya bahwa UTHM bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia,” imbuhnya.

Wakil Dekan Pusat Pengajian Siswazah UTHM itu berharap, dengan adanya mahasiswa dari wilayah Jawa Timur seperti Surabaya dan sekitarnya dapat bermunculan lagi dan terus regenerasi. “Sehingga bisa menjadikan lembaran kerjasama baru antara UTHM Malaysia dengan wilayah Jawa Timur khususnya Surabaya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ir. Zainun Achmad, MT, dosen Teknik Mesin Untag Surabaya mengatakan, sebagai seorang dosen berkewajiban mengerjakan Tridharma Perguruan Tinggi, dan untuk mencapai hal tersebut harus melakukan kegiatan-kegiatan untuk mengembangkan diri. Termasuk capaian dan jenjang mulai dari asisten ahli sampai dengan professor.

“UTHM merupakan kampus luar biasa yang tidak begitu jauh dari Indonesia, sebuah perguruan tinggi negeri dan mempunyai peringkat baik di antara perguruan tinggi Malaysia lainnya,” katanya.

Selain itu, Zainun juga menjelaskan, sarana dan prasarana yang diberikan oleh UTHM sangat memadahi, dosen atau pembimbing mempunyai level yang baik dengan dibuktikan dari tulisan-tulisan mereka yang berstandart Internasional dan nilai keilmuan yang bagus dari para mentor.

“Semoga setelah lulus dari UTHM bisa mengembangkan lembaga-lembaga yang ada di Untag Surabaya, khususnya yang berkaitan dengan keilmuan kita dan selalu memberikan yang terbaik untuk Untag kedepannya,” tutup Zainun. [ifw/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar