Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

4.527 Mahasiswa Baru Ikuti Oshika Universitas Islam Malang

Mahasiswa baru Universitas Islam Malang yang mengikuti Oshika

Malang (beritajatim.com) – Orientasi Studi dan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (Oshika) Universitas Islam Malang (Unisma) tahun akademik 2022-2023 diikuti oleh 4.527 mahasiswa. Kegiatan bertajuk rapat terbuka senat itu berlangsung di gedung bundar Al Asy’ari Unisma, Senin (12/09/2022). Pada kesempatan tersebut, Rektor Unisma Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si memberikan suntikan motivasi kepada mahasiswa baru.

Prof Maskuri mengajak mahasiswa untuk peningkatan soft skill dan hard skill. “Sebagai mahasiswa Unisma, saudara tidak hanya baik dari segi soft skill dan hard skill. Tetapi, harus bisa menempa akhlak dan moral agar hidupnya memberikan manfaat dan kontribusi besar untuk mengubah peradaban Indonesia serta dunia,” terang Prof Maskuri.

Mahasiswa, kata Rektor, sebagai kaum intelektual dan calon pemimpin masa depan bangsa, tidak hanya dituntut menguasai bidang pilihan. Tetapi juga sensitif dengan masalah yang berkembang di masyarakat.


“Kampus ini akan berusaha memberikan yang terbaik, namun tanpa peran aktif dari para mahasiswa hasilnya tidak akan optimal. Di Unisma akan belajar ilmu disiplin, dan juga agama. Ilmu pengetahuan juga keterampilan yang dikuasai harus diimbangi dengan pemahaman agama yang baik, keduanya saling melengkapi,” terangnya lebih lanjut.

Rektor Unisma bersama jajarannya saat menyambut mahasiswa baru

Dia berpesan agar mahasiswa baru menikmati setiap momen yang dihadapi. Karena titik itu akan membentuk pribadi. “Nilai-nilai ahlussunnah wal jamaah adalah akar Unisma, nilai ini harus menghujam dalam,” paparnya.

Selama kuliah di Unisma, mahasiswa harusnya memiliki waktu yang cukup untuk mengasah diri. Waktu 3,5 sampai 4 tahun adalah waktu yang sebentar. Karena itu, kata Prof Maskuri, mulai hari ini harus menjadikan diri sebagai pribadi yang disiplin mengatur waktu untuk menggapai masa depan gemilang.

“Selama di Unisma , banyak pilihan aktivitas selain di kelas atau laboratorium. Saudara tinggal mengidentifikasi minat , mulai dari olahraga, kesenian, protokoler, PMII, KSR, dan banyak pengembangan diri yang siap menyambut dalam suka cita untuk mengembangkan minat dan bakat ada kurang lebih 21 UKM,” katanya.

Rektor juga mengucapkan selamat bergabung pada mahasiswa baru. Dia menegaskan jika mahasiswa baru Unisma merupakan calon pemimpin masa depan. Selain penyambutan mahasiswa baru, di sela acara juga dilakukan launching buku berjudul ‘Maskuri Bakri : Anak Rawa yang Tangguh dan Arsitek Kemajuan’ ditulis oleh Muhammad Subhan.

Sementara itu, Wakil Rektor I Unisma, Prof. Drs. H. Junaidi, Ph.D menyampaikan soal jumlah mahasiswa baru yang secara keseluruhan sebanyak 4.527. “Mahasiswa dari program pendidikan profesi dokter berjumlah 63. Program profesi pendidikan profesi guru 312. Program doktoral 21 mahasiswa. Program magister 535 mahasiswa. Dan sisanya dari program sarjana masing-masing fakultas. Dari keseluruhan, ada 183 mahasiswa asing di Unisma,” tutur Prof Junaidi saat menyampaikan laporan rekapitulasi mahasiswa. [dan/but]

 

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev