Pendidikan & Kesehatan

4.120 Vaksin Sinovac untuk Mojokerto Raya Tiba di Kantor Dinkes

Mobil box khusus Indofarma Global Medika nopol B 9932 CXR yang membawa ratusan vaksin Sinovac

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 4.120 vial Vaksin Sinovac untuk Mojokerto Raya tiba di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten/Kota Mojokerto, Senin (25/1/2021). Sebanyak 1.000 vial untuk Kota Mojokerto dan sebanyak 3.120 vial untuk Kabupaten Mojokerto.

Sebanyak 1.000 vial vaksin tersebut dibawa mobil boks khusus Indofarma Global Medika nopol B 9932 CXR dari Kantor Dinkes Provinsi Jatim menuju Kantor Dinkes Kota Mojokerto. Tiba di Kantor Dinkes Kota Mojokerto, ribuan vaksin diterima Plt Kepala Dinkes Kota Mojokerto, drg Maria Poeriani Soekowardani.

Ribuan vaksin itu disimpan di kotak khusus penyimpanan vaksin (Ice-Line Refrigerator) dengan suhu 2 sampai 8 °C yang berada di ruang Bidang P2P Dinkes Kota Mojokerto. Ruang tersebut dilengkapi CCTV dan Alat Pemadam Kebakaran(APK).

Nantinya, Dinkes Kota Mojokerto mendistribusikan vaksin Covid-19 ke sejumlah puskesmas di wilayahnya dan RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo. Vaksin Covid-19 gelombang-1 termin-1 untuk wilayah Kota Mojokerto yang dikirim oleh PT Indofarma tersebut dikawal oleh Patwal dan Sat Brimob Polda Jatim.

Selama berada di Dinkes Kota Mojokerto dilakukan pengamanan melekat dari Sat Sabhara Polresta Mojokerto hingga pelaksanaan vaksinasi. Vaksinasi di Kota Mojokerto sendiri rencananya dimulai pada, Kamis (28/1/2021).

Usai dari Kantor Dinkes Kota Mojokerto di Jalan Pahlawan Kota Mojokerto, mobil boks yang membawa vaksin Covid-19 langsung menuju Kantor Dinkes Kabupaten Mojokerto di Jalan RA Basoeni Kecamatan Sooko. Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander meninjau secara langsung kedatangan ribuan vaksin tersebut.

Sebanyak 3.120 vial vaksin Sinovac tersebut di simpan di gedung vaksin Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Mojokerto dengan suhu 2° s/d 8° Celcius. Vaksin akan didistribusikan untuk tenaga kesehatan yang ada di 11 Rumah Sakit, 27 Puskesmas dan seluruh klinik di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kepala Bidang (Kabid) P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, dr Langit Kresna Janitra mengatakan, vaksin tersebut disimpan lebih dulu sembari menunggu hasil koordinasi pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Mojokerto.

“Vaksin sebanyak 3.120 vial sudah sampai petang tadi sekitar pukul 17.15 WIB di Dinkes Kabupaten Mojokerto. Langsung disimpan di ruang vaksin, ini pengiriman pertama. Selanjutnya belum ada info. Untuk pelaksanaan vaksinasi, menunggu koordinasi Pak Kadinkes dengan Pak Bupati,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr Siti Nur Hidayati menambahkan, Kepala Puskesmas seluruh Kabupaten Mojokerto dikumpulkan untuk diberikan arahan terkait persiapan vaksinasi. “Mulai perencanaan, pelaksanaan sampai pemantauan dan evaluasi,” tambahnya.

Dinkes Kabupaten Mojokerto akan melakukan supervisi terkait persiapan setelah vaksin datang. Menurutnya, tempat penyimpanan vaksin harus memenuhi syarat, seperti jika listrik mati harus ada genset. Juga lemari penyimpanan vaksin harus mencukupi sesuai jumlah yang dikirim Dinkes Provinsi Jatim.

“Suhu harus terkontrol dan petugasnya juga sudah harus terlatih. Sasaran di Kabupaten Mojokerto ada 4.700 lebih, kalau dua dosis berarti kali dua. Jadi sekitar 9 ribu lebih, nanti harus ada stok 10 persen dari yang kita usulkan. Kemudian akan ada undangan dari Dinkes Provinsi Jatim sebelum vaksinasi,” tegasnya. [tin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Coba Yuk, Snack Berlumur Saus Hummus

Rela Tinggalkan Dokter Spesialis

Ngobrol dengan Komunitas Berbagi di Surabaya