Pendidikan & Kesehatan

4.000 Vaksin Tiba di Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Tahap l, Pemkab Sidoarjo baru menerima 4.000 dari 8.720 vaksin Sinovac untuk tenaga medis yang diberikan Dinas Kesehatan Jatim. Vaksin tersebut tiba di Dinas Kesehatan Sidoarjo dengan pengawalan ketat anggota Brimob Mabes Polri, Rabu (13/1/2021).

“4000 Vaksin Sinovac gelombang pertama sudah kita terima,” kata Kepala Dinkes Sidoarjo, dr Syaf Satriawarman.

Syaf menjelaskan, vaksin selanjutnya akan disuntikkan secara perdana kepada 10 orang pejabat Sidoarjo di RSUD Sidoarjo pada Jumat pukul 09.00 WIB. “Dan untuk para tenaga kesehatan akan divaksin seminggu kemudian,” tukasnya.

Untuk pengiriman vaksin tahap kedua, lanjut dia, diperkirakan tiba sekitar bulan Mei-Juni. Untuk tahap kedua ini, vaksin akan diberikan pejabat pemkab, Polri dan TNI. “Selanjutnya untuk Tahap ketiga vaksin diperuntukkan untuk Resti (resiko tinggi), orang tua dan masyarakat umum,” jelas Syaf.

dr Syaf menambahkan, vaksin akan diberikan dua kali, vaksin kedua akan disuntikkan setelah 14 hari kemudian. Selama proses vaksinasi, pihaknya akan melakukan pemantauan terhadap orang yang divaksin berdasarkan observasi 30 menit setelah vaksin disuntikkan, apa ada alergi, shok atau gejala lainnya. “Orang yang divaksin syaratnya harus sehat itupun harus melalui pemeriksaan screening sebelum disuntik,” tegasnya.

Untuk pendistribusian vaksin Covid-19 ke fasilitas kesehatan, pihak Dinkes akan mengirim vaksin berdasarkan permintaan puskesmas atau rumah sakit. “Kita akan kirim sesuai permintaan faskes, dan yang perlu ditegaskan vaksin ini tidak boleh disimpan di Faskes,” imbuhnya.

Untuk pengamanan, Dinkes Sidoarjo telah bersurat ke Polresta Sidoarjo untuk melakukan pengamanan vaksin baik yang berada di Dinkes Sidoarjo maupun proses penyebaran ke faskes. (isa/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar