Pendidikan & Kesehatan

39 Warga Sidomulyo Mojokerto Dievakuasi

Mojokerto (beritajatim.com) – sebanyak 39 warga Lingkungan Sidomulyo Gg 4, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto yang menjalani swab Polymerase Chain Reaction (PCR) dievakuasi. Yakni ke RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo dan Rusunawa Cinde.

Person In Charge (PIC) Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo mengatakan, meski hasil swab PCR terhadap 39 warga belum keluar, namun untuk menghentikan laju transmisi dan mengurangi jumlah orang baru yang terinfeksi oleh virus.

“Sebanyak 39 warga yang swab ini, saya minta RSU untuk mempercepat hasil swab nya. Sehingga kita lakukan upaya isolasi, kita bagi menjadi dua kelompok. Yang memiliki gejala menengah atau berat maka kita evakuasi ke rumah sakit, bagi yang memiliki gejala ringan kita evakuasi ke rusunawa untuk siapkan karantina,” katanya.

Masih kata Gaguk, Covid-19 belum berakhir sehingga warga dihimbau untuk tetap melakukan protokol kesehatan. Selain menjalankan protokol kesehatan, lanjut Gaguk, warga diminta untuk menjalani vaksinasi secara masif sehingga terciptalah ketebalan imunitas di lingkungan masing-masing.

“Jadi ini sebetulnya kepedulian daripada kita semua untuk menjaga supaya tidak terjadi transmisi atau penularan ke lingkungan yang lebih besar. Karena mengendalikan atau mengurangi pergerakan Covid-19, di samping menerapkan protokol kesehatan, warga aktif bersedia untuk mengikuti program vaksinasi,” ujaranya.

Menurutnya, vaksinasi tidak menjamin seseorang tidak terpapar Covid-19. Gaguk menjelaskan, vaksinasi akan mengurangi atau menurunkan risiko tingkat keparahan. Kewaspadaan masyarakat terhadap Covid-19 harus ditingkatkan, dengan disiplin protokol kesehatan 5M dan bila ada gejala seperti flu agar periksa.

“Apalagi ada di sekitarnya yang terkonfirmasi Covid-19, maka harus segera periksa ke puskesmas atau RS terdekat sehingga penanganan bisa lebih cepat. Pentingnya mengikuti vaksinasi Covid-19, itu untuk menciptakan kekebalan individu dan kelompok terhadap Covid-19,” tegasnya. [tin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar