Pendidikan & Kesehatan

36 Anak Nakes di Ponorogo Bebas Milih SMP

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo Soiran (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Jalan mulus dilalui anak tenaga kesehatan (nakes) yang menangani Covid-19 di bumi reyog. Ya bagi anak mereka yang akan daftar SMP bisa memilih sekolah. Seiring kebijakan dari bupati yang memberikan jalur khusus, yakni satu persen dari pagu di seluruh Ponorogo.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo Soiran menyebut pihaknya merekomendasikan anak nakes ini bisa memilih 7 SMP yakni 6 SMP Negeri yang berada di Kecamatan Kota dan SMPN 1 Jetis. Selain itu juga smp yang berada terdekat secara otomatis.

“Namun di 7 SMP yang direkomendasikan ini, dibatasi maksimal hanya 5 persen pagu dari jalur khusus anak nakes ini. Kami cobtohkan SMPN 1 Ponorogo, pagunya 288 siswa, jadi kuota untuk nakesnya hanya 14 siswa,” jelas Soiran.

Pertimbangan 7 smp itu, jelas Soiran sebab sekolah-sekolah tersebut selama ini dianggap masyarakat sebagai sekolah favorit. Dari hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, ada 36 siswa nakes yang akan mendaftar di tingkat smp. Khusus anak nakes ini, kata Soiran datanya sudah dimasukkan di sistem pendaftaran online. Sehingga mulai hari ini hingga dua hari ke depan, mereka sudah bisa mendaftar ke sekolah yang diinginkan.

“Jika anak nakes itu tidak memilih 7 smp yang direkomendasikan itu, mereka bisa masuk di seluruh SMP di Ponorogo maupun yang dibawah naungan Kemenag, yakni MTs,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar