Pendidikan & Kesehatan

Career Camp UK Petra 2019

35 Mahasiswa Belajar Bisnis Hingga ke Yogyakarta

Yogjakarta (beritajatim.com) – Sebanyak 35 mahasiswa dari berbagai program/program studi yang ada di UK Petra mengikuti Career Camp 2019 di Yogjakarta selama 5 hari yakni 5-9 Agustus.

Mengambil tema ‘Start Up Business dengan judul Power Up Your Start-Up’, acara yang sudah berlangsung enam kali dengan lokasi yang berbeda tiap dua tahunnya ini, ingin memberikan pengalaman pelatihan karier yang mungkin tidak didapatkan dalam kelas akademik.

“Dibagi menjadi 8 kelompok, peserta akan belajar bagaimana memulai bisnis startup, sekaligus belajar langsung tantangan dan keseruan dari para pelaku startup secara rill di Yogyakarta,” urai Jessie Monika, koordinator acara Career Camp 2019.

Jessie Monika

Ditambahkan Jessie, materi yang akan diajarkan diantaranya Potensi Start Up Industri Kreatif di Indonesia, Legal Aspect (HAKI & Copyright Financial Planning, Introducing your brand to the target market, Studi Kelayakan Bisnis, Building & Developing Your Brand, sampai riset sebelum membuka bisnis.

Seperti diketahui, Kota Yogyakarta merupakan pusat Industri kreatif dan beberapa perusahaan industri kreatif yang mulai bergerak dalam start up. Sedangkan saat ini, kaum milenial tentunya sudah tidak asing dengan bisnis start up yang sangat trending dalam dunia bisnis terkini.

Selama lima hari, para peserta akan mengunjungi lima perusahaan (yang dulunya pernah menjadi start-up) di Yogyakarta yaitu Srengenge ldealabs, Cokelat Monggo, Flying Balloon Puppet Theatre, Creacle Studio dan Dagadu.

Harapannya, para peserta career camp bisa mendapatkan pembelajaran bersama para pembicara termasuk sharing dari pemilik perusahaan sebelum merencanakan project
mereka sendiri berupa ide bisnis start-up untuk dapat dimplementasikan.

“Para peserta ini nantinya juga diajari untuk mandiri, mendapatkan modal sekitar Rp 1.000.000-an per tim untuk bisa bertahan di Yogyakarta. Mereka tak akan sendirian, didampingi dengan mentor untuk menyelesaikan project tersebut dan bahkan mereka punya kesempatan untuk mengkonsultasikan business project mereka dengan Dennis Adishwara, seorang aktor sekaligus CEO dari Rombak Media. Di hari terakhir, kelompok akan mempresentasikan proposal bisnisnya di hadapan para juri dari kelima perusahaan tersebut. Yang terbaik akan menjadi juara dan akan diikutsertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh DIKTI,” urai Jessie.

Sementara itu, ditambahkan Jessie, dari beberapa alumni career camp sebelumnya, saat ini cukup sukses dalam mengimplementasikan pengalaman dan ilmunya dalam bentuk bisnis. “Kemarin saya sempat ketemu beberapa alumni peserta career camp tahun pertama. Ada yang merintis kafe dan konsultan media sosial,” pungkasnya. (kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar