Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

347 Mahasiswa IAI Al-Khairat Pamekasan Jalani Prosesi Yudisium S1

Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Dr Abdul Muin (tengah) bersama jajaran Wakil Rektor dalam prosesi Yudisium Mahasiswa Lulusan S1 di Auditorium Perguruan Tinggi, Jl Raya Palengaan (Palduding) No. 2 Pamekasan, Sabtu (9/10/2021).

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 347 mahasiswa di lingkungan Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, menjalani prosesi Yudisium Mahasiswa Lulusan Strata 1 atau S1 Tahun Akadmik 2020/2021, di Auditorium Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Sabtu (9/10/2021).

Jumlah tersebut terdiri dari sebanyak 120 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS), meliputi sebanyak 90 mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah (ESY) dan sebanyak 30 mahasiswa Prodi Perbankan Syariah (PSY).

Sebanyak 180 mahasiswa Fakultas Tarbiyah, meliputi sebanyak 73 mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 72 mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 12 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), serta 23 mahasiswa Prodi Perguruan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Termasuk juga sebanyak 47 mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin, yakni mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT). “Pertama kami sampaikan selamat kepada para mahasiswa yang menjalani prosesi yudisium lulusan tahun 2021,” kata Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan, Dr Abdul Muin.

“Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan yudisium kali ini kita laksanakan dengan cara membagi dua tahap. Tujuannya sebagai upaya mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah khususnya di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019,” ungkapnya.

Langkah dan kebijakan prosesi yudisium dibagi menjadi dua tahap tersebut, dilakukan sekalipun tetap dilaksanakan di hari yang sama. “Harus kita akui bersama bahwa aktivitas kita sejak dua tahun rerakhir mengalami perubahan karena kondisi up-normal. Sehingga sangat penting bagi kita semua agar selalu waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

“Namun lepas dari semua itu, kita harus tetap melaksanakan beragam program akademik khususnya di lingkungan Perguruan Tinggi. Tentunya dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, sekaligus selalu memberikan edukasi dan sosialisasi untuk memutus rantai pandemi ini,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan selamat kepada seluruh mahasiswa yang menjalani proses Yudisium Sarjana S1 Tahun Akademik 2020/2021. “Dengan yudisium ini, tentunya mahasiswa sekalian secara resmi bakal menyandang status baru sebagai seorang sarjana,” tegasnya.

“Dengan status baru ini, kami atas nama seluruh civitas akademika berharap agar para lulusan dapat menjadi pelopor dan mengabdikan diri kepada masyarakat sesuai bidang masing-masing. Salah satunya sebagai sosok tauladan dengan prilaku positif, sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW; Khairun Nas Anfa’uhum lin Nas,” pungkasnya.

Untuk diketahui, prosesi Yudisium Mahasiwa Lulusan Sarjana atau Strata 1 IAI Al-Khairat Pamekasan, dibagi dua tahap. Pertama diikuti sebanyak 180 mahasiswa Fakultas Tarbiyah yang menjalani prosesi yudisium pada pukul 8:30 WIB.

Tahap kedua dijadwalkan digelar pada pukul 13:00 WIB, di mana pada prosesi yudisium tersebut akan diikuti sebanyak 167 mahasiswa. Melipti sebanyak 120 mahasiswa Fakultas EBIS, serta sebanyak 47 mahasiswa Fakultas Ushuluddin. [pin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati