Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

302 Mahasiswa Berprestasi di Kota Mojokerto Terima Beasiswa

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari saat menyerahkan beasiswa 400 semester kepada 302 mahasiswa berprestasi di ballroom lantai empat, gedung MPP Gajah Mada. [Foto : ist]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 302 mahasiswa berprestasi Kota Mojokerto menerima beasiswa 400 semester dari Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto. Wali Kota Mojokerto secara langsung menyerahkan beasiswa kepada ratusan mahasiswa di ballroom lantai empat, gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada.

“Beasiswa ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Mojokerto, terutama para generasi muda. Demi mendukung terwujudnya program nasional Indonesia Emas 2045,” ungkap Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Senin (27/6/2022).

Menurutnya, pengembangan pendidikan tinggi tidak menjadi salah satu kewenangannya. Sebagai kepala daerah, kewenangan Wali Kota terbatas pada tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pendidikan perguruan tinggi menjadi kewenangan Kemendikbud.

“Tapi itu bukan berarti kami tidak bisa support. Kami alokasikan beasiswa untuk mendukung studi pendidikan tinggi adik-adik semua. Di masa depan nanti, dimanapun kalian mendedikasikan diri kalian, sesukses apapun kalian, jangan lupakan Kota Mojokerto. Kami menunggu kontribusi kalian untuk Kota Mojokerto,” ujarnya.

Ning Ita (sapaan akrab, red) mengapresiasi para mahasiswa yang telah berusaha untuk berkontribusi bagi Kota Mojokerto sesuai dengan kapasitas yang mereka miliki saat ini. Pihaknya juga lantas menegaskan agar para mahasiswa tidak menjadi sosok bak kacang lupa kulitnya.

Salah satu penerima beasiswa, Bagas Toto Wijaya mengucap syukur. “Alhamdulillah, kami sangat terbantu. Beberapa project pengabdian masyarakat saya bisa berjalan dengan bantuan dana beasiswa ini,” kata mahasiswa semester enam Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Ke depan, lanjut pendiri komunitas sosial Sanggar Seni Bambu Hijau ini, hal tersebut menjadi motivasi bagi saya untuk bisa berkontribusi lebih banyak lagi.

Dari tahun ke tahun, program ini secara konsisten telah memberi manfaat bagi mahasiswa-mahasiswi asli daerah yang berkuliah di perguruan tinggi negeri non-kedinasan. Tercatat, pada tahun 2021, beasiswa sebanyak 200 semester diberikan kepada 134 mahasiswa berprestasi di Kota Mojokerto.

Sementara di tahun 2022 ini, jumlah semester dua kali lipat lebih banyak dari sebelumnya. Setiap semester masing-masing mahasiswa menerima beasiswa sebesar Rp3,6 juta.

Pada forum tersebut, para mahasiswa juga diajak untuk berdialog langsung dengan Wali kota dan sejumlah jajaran pemkot Mojokerto. Sejumlah mahasiswa dengan berbagai latar belakang program studi dari beragam universitas di Indonesia mengutarakan gagasan-gagasan mereka untuk pembangungan di Kota Mojokerto. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar