Pendidikan & Kesehatan

30 Persen Warga Sumenep Terjangkit TBC

foto/ilustrasi

Sumenep (beritajatim.com) – Jumlah warga Sumenep yang terjangkit tuberkulosis (TBC) cukup tinggi. Dari data yang ada, sekitar 30 persen warga Sumenep terserang penyakit ini.

“Cukup tinggi jumlah warga yang terjangkit TBC, yakni sekitar 30 persen dari 1 juta penduduk Sumenep. Tingkat penderita TBC disini tertinggi di Jawa Timur,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sumenep, Slamet Budi Harjo, Senin (6/1/2020).

Data tersebut berdasarkan hasil diagnosa pasien di Puskesmas. Selain itu juga berdasarkan laporan petugas Puskesmas, serta hasil survei dari tim Indipenden Provinsi Jawa Timur. “Secara umum, gejala penyakit TBC itu batuk terus-menerus, batuk berdarah, demam, berat badan menurun, dan juga lemah. Jadi kalau mengalami hal tersebut, sebaiknya segera periksa ke dokter,” terangnya.

Namun demikian, ia belum mengetahui secara pasti jumlah penderita terbanyak berasal dari kecamatan mana. Saat ini pihaknya tengah menggencarkan sosialisasi pada masyarakat tentang pencegahan TBC. “Kami terus memberikan pencerahan melalui tim independen. Sosialisasi itu juga melibatkan masyarakat melalui program dari pintu ke pintu. Mereka yang melakukan sosialisasi dan deteksi dini,” kata Slamet.

Menurutnya, sosialisasi pada masyarakat juga tentang pola hidup sehat sebagai upaya antisipasi terhadap penyebaran virus TBC. “Tim independen kami juga memberikan pendampingan kepada pasien TBC,” pungkasnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar