Pendidikan & Kesehatan

3 Warga Ponorogo Positif Corona usai Ikut Pelatihan Calon Petugas Haji

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni [Foto/dok.beritajatom.com]

Ponorogo (beritajatim.com) – Ada tiga warga Ponorogo yang saat ini dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Itu setelah hasil Swab dari Laboratorium Universitas Airlangga (Unair) Surabaya keluar pada Minggu (5/4/2020).

Tiga orang yang sudah positif tersebut, merupakan perwakilan dari kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ponorogo yang beberapa waktu lalu mengikuti pelatihan calon petugas haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengungkapkan, dari sembilan perwakilan Kemenag Ponorogo yang ikut pelatihan, sebanyak 5 orang tidak mengalami gejala. Selain itu saat dites juga hasilnya negatif. Sementara empat orang sisanya mengalami gejala, hasilnya tiga positif dan satu negatif. “Hasil tes Swab sudah keluar. Tiga orang positif, sedangkan 1 satu negatif,” kata Ipong, Minggu (5/4/2020) malam.

Yang status positif tersebut, kata Ipong, sudah seminggu dirawat di RSUD dr. Harjono Ponorogo. Pihaknya kemudian melakukan tracing (pelacakan). Dari situ diketahui ada 24 orang yang mengalami kontak intens dengan tiga orang tersebut.

Oleh sebab itu, sejak seminggu yang lalu mereka sudah dilakukan isolasi. “Ada tiga dari 24 orang yang melakukan isolasi itu, dinyatakan statusnya menjadi PDP. Sudah dilakukan tes Swab, namun hasilnya masih menunggu,” katanya.

Berdasarkan infografis yang dikeluarkan oleh Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Ponorogo, jumlah orang dalam resiko (ODR) sebanyak 5.801 orang, terdiri dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebanyak 1.240 orang dan Non PMI sebanyak 4.561 orang.

Kemudian ada enam orang berstatus sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 259 orang dan ODP isolasi rumah sakit sebanyak 3 orang. Sedangkan untuk Jumlah Pasien dalam Perawatan sebanyak 14 orang, terdiri PDP mandiri sebanyak 6 orang dan PDP isolasi rumah sakit sebanyak 8 orang.

“Kami mengimbau masyarakat Ponorogo agar tetap tenang. Jaga diri dengan pola hidup sehat dan perbanyak berdoa,” katanya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar