Pendidikan & Kesehatan

3 Siswa Sidoarjo Ini Ciptakan Alat Kontrol Cegah Banjir

Sidoarjo (beritajatim.com) – Tiga siswa SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo menciptakan alat pengontrol bendungan maupun dam untuk mencegah banjir.

Alat yang di namai smart control and monitoring dam activity (Sarmadoc) itu di ciptakan oleh Alka Alvin kelas 11 IPA 3, Nabil Nasrduddin kelas 10 dan Firza Ramadhani kelas 11 IPA 8.

“Alhamdulillah Sarmadoc menjadi juara ll ajang lomba Pesta Rakyat Fisika kategori Robotik di Universitas Indonesia 2020,” kata Firza salah satu perakit, Rabu (19/2/2020).

Dia menambahkan, alat ini diciptakan sering terjadinya permasalah banjir karena ada kelalaian petugas. Alat ini untuk mengontrol volume air di bendungan.

“Jika volume air sudah mencapai level tertentu atau melebihi batas, pintu air akan terbuka dan terbuang dengan sendirinya melalui alat sensor Sarmadoc yang terpasang,” jelasnya.

Nabil siswa lainnya menjelaskan, dengan aplikasi sistem pembuka pintu air otomatis ini, maka kerja petugas lapangan bisa semakin mudah.

“Kita ingin bencana banjir yang ada dapat diantisipasi dengan sistem ini. Dan apa yang kita ciptakan dengan sistem ini, adalah bentuk kepedulian kami terhadap adanya banjir,” jelas dia.

Kepala Sekolah SMAMDA Sidoarjo Wigatiningsih mengaku akan menyumbangkan temuan anak didiknya ini ke Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui DLHK dalam menjaga lingkungan.

“Kita akan sempurnakan prototype dari sistem ini, untuk kita serahkan kepada DLHK. Anak-anak menciptakan ini karena peduli untuk mencegah adanya banjir,” paparnya. [isa/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar