Pendidikan & Kesehatan

3.415 Tenaga Kesehatan Sumenep Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi Covid-19

Petugas medis saat melakukan rapid test pada masyarakat

Sumenep (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep telah melakukan pendataan jumlah calon penerima vaksin Covid-19 di wilayah setempat.

“Vaksinasi itu rencananya diberikan dalam tiga tahap. Untuk tahap pertama, ada 3.415 yang menjadi sasaran vaksin. Semuanya merupakan tenaga kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Agus Mulyono, Rabu (06/01/2021).

Dari 3.415 tenaga kesehatan yang akan divaksin tersebut, 2.726 merupakan tenaga kesehatan di puskesmas, 128 di Dinas Kesehatan, 387 di RSUD dr H. Moh. Anwar, 113 di RSI Kalianget, dan 61 tenaga kesehatan di RS Esto ebhu.

“Data itu bisa terus berkembang karena vaksinasi ini dilakukan tiga tahap. Setelah tenaga kesehatan di tahap satu, nanti tahap dua vaksin akan diberikan pada tenaga pelayanan publik termasuk Polri dan TNI. Sedangkan tahap ketiga untuk masyarakat yang rentan terhadap Covid-19,” paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono

Agus menjelaskan, untuk tenaga vaksinator yang akan dilibatkan dalam pemberian vaksin Covid-19 tersebut sebanyak 150-300 orang. “Para vaksinator itu semuanya sudah dilatih. Sosialisasi pun sudah kami lakukan sejak Desember 2020,” ujarnya.

Pada Senin (04/01/2021), sebanyak 77.767 dosis vaksin Covid-19 telah diterima Dinas Kesehatan Jawa Timur. Vaksin produksi Sinovac yang dikirim Bio Farma tersebut belum bisa didistribusikan karena masih menunggu pernyataan resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bahwa vaksin ini layak untuk digunakan. Untuk sementara, vaksin tersebut disimpan dalam ‘cool room’ Dinas Kesehatan Jawa Timur yang bersuhu 2-8 derajat Celcius. (tem/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar