Pendidikan & Kesehatan

26.120 Siswa di Kota Mojokerto Terima Kuota Paket Data Program Kemendikbud RI

PTM di Kota Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 26.120 siswa di Kota Mojokerto menerima kuota paket data dari program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Bantuan kuota paket data tahun 2021 dari Kemendikbud RI ini diberikan selama tiga bulan ke depan, dimulai pada bulan Maret ini.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas dan Pendidikan (Dinas P dan K) Kota Mojokerto, Amin Wachid. “Untuk kuota paket data siswa sudah diambil alih Kemendikbud RI. Setiap guru dan siswa sudah mengisi nomor HP masing-masing ke Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud RI,” ungkapnya, Jumat (5/3/2021).

Data yang masuk ke Dapodik Kemendikbud RI tersebut sudah dilakukan verifikasi secara nasional oleh Kemendikbud RI. Kuota paket data tersebut, lanjut Amin, langsung masuk ke nomor Handphone (HP) guru dan siswa. Meski di Kota Mojokerto sudah diterapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), namun masih mendapatkan program tersebut.

“Tetap dapat Mbak, karena siswa di Kota Mojokerto kan Blended Learning (kombinasi sekolah daring dan tatap muka terbatas). Ya betul Mbak, saya pantau tadi pagi (Kamis kemarin, red) sampun masuk ke nomor HP siswa paket data dari Kemendikbud RI. Yang dapat mulai PAUD sampai SMP baik siswa maupun guru,” katanya.

Data Dinas P dan K Kota Mojokerto menyebutkan, jumlah siswa TK Negeri/swasta sebanyak 3.955 siswa, KB/SPS/TPA Negeri/swasta sebanyak 1.148 siswa, RA Negeri/swasta sebanyak 382 siswa. SD Negeri/swasta sebanyak 12.383 siswa dan SMP Negeri/swasta sebanyak 8.252 siswa.

“Total ada 26.120 siswa di Kota Mojokerto terima kuota paket data program Kemendikbud RI. Bantuan ini akan disalurkan setiap bulannya dari tanggal 11-15, selama tiga bulan ke depan, yakni Maret, April dan Mei 2021. Tidak hanya para siswa, tapi juga guru mendapatkan kuota paket data dari Kemendikbud RI ini,” jelasnya.

Berikut Rincian Kuota Belajar Kemendikbud 2021 :

1. Siswa PAUD
Siswa di jenjang pendidikan ini mulai bulan Maret 2021 akan mendapatkan 7GB perbulannya. Sementara pada bantuan sebelumnya total 20GB, yang terdiri dari 5GB Kuota Umum dan Kuota Belajar 15GB.

2. Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah
Untuk bantuan sebelumnya, seluruh siswa mendapatkan 35GB yang dibagi menjadi Kuota Umum 5GB dan Kuota Belajar 35GB. Sedangkan saat ini akan diberikan 10GB perbulan.

3. Pendidik PAUD dan jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
Para pendidik ini akan mendapatkan bantuan 12GB perbulan mulai Maret hingga Mei 2021 mendatang. Sedangkan sebelumnya ada Kuota Belajar 37GB dan Kuota Umum 5GB dengan total 42GB.

4. Mahasiswa dan Dosen
Baik mahasiswa dan dosen mendapatkan kuota internet 15GB perbulan. Saat bantuan sebelumnya keduanya diberikan mencapai 50GB dengan rincian 45Gb Kuota Belajar dan sisanya Kuota Umum. [tin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar