Pendidikan & Kesehatan

25,41 persen Warga di Wilayah BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto Belum Terdaftar JKN-KIS

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Livendri Irvarizal.

Mojokerto (beritajatim.com) – Per 5 Maret 2021, Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Mojokerto mencatat 25,41 persen warga di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto belum terdaftar kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Livendri Irvarizal mengatakan, BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto mencakup Kota/Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang. “Dalam pandemi seperti saat ini, kami tetap berupaya untuk meningkatkan mutu layanan dan inovasi,” ungkapnya, Jumat (19/3/2021).

Dampak pandemi Covid-19, masih kata Irvarizal, menyebabkan pembatasan kepada peserta JKN-KIS. Meski di tengah pembatasan, namun BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto tetap melayani kebutuhan peserta dengan tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan peserta.

“Dengan kondisi ini, BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto harus membatasi kunjungan peserta sehingga mengandeng beberapa penyedia barang/jasa mengembangkan pelayanan penggunaan aplikasi Whatsapp. Karena pelayanan kepada peserta wajib diberikan,” katanya.

Irvarizal menambahkan, salah satu alternatif kanal pelayanan tidak langsung dapat menggunakan aplikasi Whatsapp (WA). Peserta dapat menggunakan aplikasi WA sehingga peserta dapat melanjutkan pelayanan tanpa pertemuan tatap muka dengan petugas frontliner.

“Ada 5 kemudahan menggunakan aplikasi Mobile-JKN. Kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan,” jelasnya.

Dan yang terakhir kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS. Untuk mengetahui status kepesertaan dan tagihan iuran bisa chat ke aplikasi Chika dengan nomor WA 08118750400. Untuk nomor WA Pelayanan Administrasi BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto 082241837700.

“Dengan jam pelayanan Pandawa adalah Senin sampai Jumat pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB atau jari kerja. Per tanggal 5 Maret 2021, jumlah peserta JKN-KIS di BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto ada sebanyak 1.966.230 peserta atau 74,59 persen. Sehingga masih ada 669.836 warga belum masuk kepesertaan JKN-KIS,” terangnya.

Sebanyak 669.836 warga belum masuk kepesertaan JKN-KIS atau sebesar 25,41 persen belum masuk kepesertaan JKN-KIS dari total penduduk sebanyak 2.636.066 jiwa. Dengan rincian, peserta JKN-KIS di Kota Mojokerto sebanyak 137.684 peserta atau 98,5 persen.

Kabupaten Mojokerto sebanyak 851.109 peserta atau 74,26 persen dan Kabupaten Jombang sebanyak 977.357 peserta atau 72,39 persen. Dari tiga kabupaten/kota tersebut, sebanyak 669.836 warga belum terdaftar JKN-KIS.

“Tujuan dari pertemuan ini, untuk mengetahui kondisi JKN KIS di tiga kabupaten/kota. Setelah ada penyampaian apa sesuai, berbeda atau menyimpang bisa disampaikan dan kami bisa meluruskan. Sehingga informasi yang diterima masyarakat terkonfirmasi benar, harapannya informasi update bisa tersampaikan kepada masyarakat,” tegasnya. [tin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar