Pendidikan & Kesehatan

25 Dokter Baru Universitas Jember Dilantik Jarak Jauh

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 25 orang dokter baru lulusan Pendidikan Profesi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengikuti upacara pengambilan sumpah dan pelantikan dalam jaringan (online) dari rumah masing-masing, Jumat (27/3/2020).

Hanya ada tiga dokter yang mewakili disumpah langsung, yakni dr. M. Iqbal Hermawan yang mewakili dokter beragama Islam, dr. Yohanes Setyo Widodo mewakili dokter muda beragama Krsiten, dan dr. Hazmi Dwinanda Nurqistan yang bertugas membaca sumpah dokter. “Tidak mungkin menggelar upacara yang melibatkan banyak orang, termasuk mengundang keluarga dokter muda,” kata Iqbal, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej. Penyebaran Covid-19 membuat tak memungkinkan berkumpulnya orang dalam jumlah besar.

Dekan FK Universitas Jember Supangat mengatakan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di kampus tidak sekedar untuk upacara online. TIK juga untuk proses belajar mengajar, termasuk untuk praktik bagi mahasiswa melalui pemutaran berbagai video yang mengajarkan berbagai keterampilan bagi mahasiswa kedokteran. “Namun khusus bagi mahasiswa peserta Program Studi Profesi Dokter memang harus berpraktek di rumah sakit,” kata Supangat.

Supangat menyebut, ini pelantikan online pertama di FK Unej tanpa mengurangi kesakralan upacara ini. “Saya mengapresiasi tekad para dokter muda yang bertekad segera terjun ke garis depan pencegahan Covid-19, negara dan bangsa menunggu bhakti Anda semua,” katanya. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar