Pendidikan & Kesehatan

23 Ribu Orang di Ponorogo Sudah Divaksin Covid-19

Kadinkes Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini. (Foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Langkah untuk mencapai  herd immunity bagi warga bumi reyog terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo. Vaksinasi terus dilakukan meski saat bulan Ramadan. Dari target vaksinasi warga Ponorogo sebanyak 750.000 orang, tercatat sudah ada  23.500 orang telah tervaksin Covid-19.

“Sebanyak 23.500 orang sudah tervaksin, sebagian besar juga sudah selesai untuk dosis yang kedua,” kata Kadinkes Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini, Sabtu (24/4/2021).

Pada vaksinasi tahap pertama, 100 persen tenaga kesehatan (nakes) sudah tervaksin. Kemudian untuk kelompok kedua, ada petugas pelayanan publik dan lanjut usia (lansia). Irin sapaan karib Rahayu Kusdarini menyebut untuk pelayanan publik, seluruh vaksin yang diterima, sudah disuntikan. Baik itu untuk dosis pertama maupun kedua.

“Vaksin yang datang, sesegar mungkin langsung kita suntikan untuk sasaran vaksinasi sesuai arahan dari Kemenkes,” katanya.

Lebih lanjut, Irin mengungkapkan jika perintah dari Kemenkes, vaksinasi akan didahulukan untuk lansia. Prioritas untuk lansia ini dilakukan karena mereka  adalah kelompok yang paling rentan terkena Covid-19.

“Pak Menkes menginstruksikan untuk mendahulukan lansia,” katanya.

Sedikitnya sudah ada 3.000 lansia di Ponorogo yang sudah tervaksin. Sesuai data dari Dispendukcapil, angka lansia ada sekitar 100.000-an lansia. Jumlah tersebut itulah yang bakal menjadi target vaksinasi Dinkes.

“Vaksinasi di Ponorogo sudah sesaui dengan menjalankan sesuai aturan dan juknis yang ada,” pungkasnya. (end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar