Pendidikan & Kesehatan

229 Pasien Positif Covid-19 di Pamekasan, 30 Orang di Antaranya Tenang Medis

Pamekasan (beritajatim.com) – Dari total sebanyak 229 orang yang dinyatakan posotif terinfeksi virus corona alias Covid-19 di kabupaten Pamekasan, tercatat sebanyak 30 orang di antaranya merupakan tenaga kesehatan alias nakes.

“Dokter yang dinyatakan terpapar virus corona sebanyak 10 orang, sementara sisanya terdiri dari unsur bidan, perawat di rumah sakit, serta tenaga apoteker di rumah sakit,” kata Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr Saiful Hidayat, Kamis (30/7/2020).

Lebih lanjut diungkapkan, para tenaga kesehatan tersebut dinyatakan terpapar Covid-19 bukan karena menangani pasien Covid-19. Tetapi saat membuka praktik layanan kesehatan di rumah masing-masing. “Berdasar pengamatan kami, mereka terpapar saat melayani pasien di rumah,” ungkapnya.

“Jadi para tenaga kesehatan yang dinyatakan positif Covid-19 bukan petugas khusus yang menangani pasien Covid-19, tetapi mereka merupakan tentang kesehatan yang biasa menangani penyakit umum dengan membuka layanan praktik di rumah masing-masing,” tegasnya.

Namun demikian, dari total 30 tenaga kesehatan positif Covid-19, tercatat sebanyak 15 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan terbebas dari wabah asal Tiongkok. “Hingga saat ini sudah ada 15 orang tenaga kesehatan yang sudah dinyatakan sembuh, sisanya masih menjalani isolasi di rumah sakit maupun isolasi mandiri di rumah,” jelasnya.

“Dari itu kami mengajak sekaligus mengimbau masyarakat secara umum agar selalu menerapkan protokol kesehatan, karena mobilitas masyarakat yang saat ini mulai bebas, sehingga virus corona bisa menjangkit siapa pun. Jadi kalau kita keluar rumah perlu mawas diri dan usahakan selalu pakai masker,” pungkasnya.

Berdasar update peta sebaran virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Covid-19 Pamekasan, Rabu (29/2020) kemarin. Terdata sebanyak 229 orang dinyatakan positif, meliputi sebanyak 48 orang dalam perawatan, 27 orang meninggal dunia, serta 154 orang dinyatakan sembuh.

Sementara untuk status Suspect terdata sebanyak 777 orang, terdiri dari sebanyak 74 orang dalam pengawasan, 40 orang meninggal dunia, serta sebanyak 663 orang dinyatakan sembuh atau Negatif Covid-19. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar