Pendidikan & Kesehatan

22 Dokter PPDS di SurabayaTerpapar Covid-19

Hasil Rapid Test Covid-19, Ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 22 Residen atau PPDS (Peserta Pendidikan Dokter Spesialis) di RSUD dr Soetomo Surabaya dikabarkan terpapar Covid-19. Hal ini dibenarkan oleh Dr. Achmad Chusnu Romdhoni, dr., SpTHT-KL (K), FICS selaku Tim Satgas Corona IDI Jatim.

“Saat ini datanya ada 22 residen yang terkena Covid-19,” ujar dr Chusnu atau dr Dani kepada beritajatim.com, Sabtu (20/6/2020).

Diantara 22 Residen atau PPDS tersebut diketahui salah satunya adalah dr Putri Wulan atau yang akrab dipanggil Pucha. Dia merupakan PPDS RSUD dr Soetomo yang kondisinya sedang menurun dan saat ini dirawat di RSUD dr Soetomo.

Selain ada 22 residen yang terpapar Covid-19, juga ada 1 Dokter yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19. Yakni dr Gatot Prasmono yang merupakan anggota IDI Sidoarjo. Gator wafat pada Jumat (19/6/2020) pukul 18.13 WIB.

“Iya dr Gatot meninggal karena Covid-19, kami dari IDI juga berduka sedalam dalamnya, semoga amal ibadahnya diterima dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya,” tutur Dr Chusnu.

Terkait banyaknya kasus positif Covid-19 kepada tenaga medis, baik dokter spesialis maupun residen dan nakes lainnya, Dr Chusnu mengatakan bahwa kasusnya belum jelas dan perlukan dilakukan investigasi lebih lanjut.

“Kami tidak tahu secara pasti penyebab utamanya atau bagimana transmisi ini terjadi, soalnya mereka juga pakai APD (Alat Pelindung Diri) sesuai dengan levelnya,” tukasnya.

Namun ia juga mengatakan bahwa ada beberapa kasus yang diketahui penyebab transmisinya karena penggunaan APD yang tidak sesuai.

“Kalau yang saya tahu ada yang tertular dari pasien karena APD yang dipakai tidak sesuai saat itu, bisa jadi kerena pasiennya merupakan OTG (Orang Tanpa Gejala) atau tertular orang lain yang sebenarnya Covid-19 tapi belum diketahui. Untuk itu kami masih terus melakukan tracing,” pungkasnya. [adg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar