Pendidikan & Kesehatan

21 Pelajar Tuban dapat Beasiswa Kuliah di PEM Akamigas Cepu

Tuban (beritajatim.com) – Sebanyak 21 remaja yang berasal dari lima desa sekitar lokasi kegiatan Proyek Kilang Minyak GRR Tuban di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban bisa kuliah secara gratis di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2019).

Remaja yang baru lulus tingkat SMA itu bisa berkuliah secara gratis itu setelah mendapatkan program beasiswa dari PT Pertamina (Persero). Yang mana para remaja asal Kecamatan Jenu, Tuban itu mendapatkan beasiswa Diploma III di PEM Akamigas Cepu yang merupakan perguruan tinggi favorit itu.

Pemberian program beasiswa untuk pendidikan Diploma III di PEM Akamigas itu merupakan bentuk komitmen dari perusahan Pertamina terhadap masyarakat sekitar kegiatan operasional. Pelepasan para calon mahasiswa itu dilakukan di Fave Hotel Tuban dengan dihadiri Perwakilan Pemkab Tuban, Camat Jenu, Kapolsek Jenu, serta orang tua para calon mahasiswa.

“Seleksi awal dari program beasiswa itu diterima sebanyak 51 siswa. Hasil seleksi dari 51 yang bisa diterima di PEM Akamigas Cepu sebanyak 21 siswa. Dan semua selesai untuk masuk itu dilakukan secara terbuka,” terang Azwar Zahidin, selaku Manager Humasn Capital Pathner PT Pertamina (Persero).

Sebanyak 21 putra-putri Tuban yang berhasil mendapatkan kuliah gratis di PEM Akamigas Cepu itu berasal dari Desa Wadung, Desa Kaliuntu, Desa Sumurgeneng, Rawasan, dan Desa Mentoso, Kecamatan Jenu, Tuban. Semua biaya pendidikan selama kuliah di PEM Akamigas itu ditanggung penuh oleh Pertamina.

“Semua biaya ditanggung Pertamina, biaya setiap semester Rp 58 juta untuk satu siswa. Ini baru yang pertama, semoga bisa dilanjutkan pada tahun-tahun selanjutnya,” tambahnya.

Pemberian beasiswa kepada pelajar warga sekitar lokasi proyek Kilang Minyak Tuban itu merupakan salah satu bentuk kontribusi positif untuk masyarakat. Selain beasiswa kepada 21 putra-putri itu, kehadiran proyek kilang GRR Tuban itu juga telah memberikan pelatihan kerja kepada masyarakat.

“Kita berharap keberadaan kilang ini memberikan manfaat secara langsung buat masyarakat, salah satunya adanya program beasiswa tersebut. Kami berpesan agar adik-adik yang menerima beasiswa bisa belajar dengan serius dan orang tua memberikan dukungan penuh supaya bisa menyelesaikan pendidikan dengan baik,” kata Hery Yuwanto, Senior Manager Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia GRR Tuban.

Sementara itu pemberian beasiswa bagi warga sekitar proyek Kilang Minyak GRR Tuban itu mendapatkan apresiasi dari pihak Pemerintah Kabupaten Tuban yang di wakili Camat Jenu. Dan diharapkan di tahun-tahun berikutnya tetap dilanjutkan program beasiswa untuk para pelajar sekitar.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar