Pendidikan & Kesehatan

20 Hari Dirawat, 4 Pasien Covid-19 Sumenep Tunggu Hasil Swab Keempat

Sekda Sumenep, Edy Rasiyadi tengah mencuci tgn di pintu masuk Pemkab Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Empat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep, telah 20 hari dirawat di ruang isolasi khusus di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H. Moh. Anwar Sumenep.

Sekretaris Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumenep, Edi Rasyiadi menjelaskan, keempat pasien tersebut masih tetap harus menjalani perawatan di rumah sakit. “Pasien nomor 1-4 itu sudah tiga kali menjalani tes swab. Sekarang di tes swab lagi untuk keempat kalinya,” katanya, Kamis (14/05/2020).

Dari tiga kali tes swab yang telah dilakukan, hasilnya berubah-ubah tiap pasien. Hasil tes swab yang pertama semua positif, sehingga mereka dirawat di RSUD Sumenep. Kemudian tes swab kedua, dari keempat pasien itu, hasilnya ada yang positif ada yang negatif. Begitu juga dengan hasil tes swab ketiga.

“Jadi hasil tes swab keempat pasien itu masih berubah-ubah. Ada yang tes keduanya negatif, tapi tes ketiganya positif. Ada juga yang tes keduanya positif, lalu tes ketiganya negatif. Ada juga yang dari tes pertama hingga ketiga positif terus,” papar Edi.

Karena itu, keempat pasien tersebut masih belum bisa meninggalkan ruang isolasi RSUD Sumenep. Setidaknya dua kali hasil swab terakhir harus negatif, maka pasien terkonfirmasi Covid-19 bisa dinyatakan sembuh.

“Kondisi keempat pasien itu sampai sekarang baik, karena mereka termasuk dalam orang tanpa gejala (OTG). Mereka tetap berada di ruang isolasi,” ujar Edi.

Keempat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut dirawat di RSUD Sumenep sejak 24 April 2020. Mereka terdiri dari tiga tenaga medis, dan satu orang pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep. Pasien nomor 1-4 tersebut merupakan klaster Asrama Haji Sukolilo Surabaya. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar