Pendidikan & Kesehatan

2 Pasien Varian Baru RSLI Telah Sembuh dan Dipulangkan, Tetap Lakukan Isoman 7 Hari

Surabaya (beritajatim.com) – Dua pasien Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) yang terkonfirmasi varian baru telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke kota asal masing masing.

“Alhamdulillah, kita telah mampu melakukan pelayanan kesehatan untuk varian baru dan keduanya dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan,” ujar Laksamana dr Nalendra, selaku penanggung jawab RSLI, Selasa (25/5/2021).

Dua pasien tersebut merupakan pasien yang berasal dari kelompok Pekerja Migran Indonesia (PMI). Mereka adalah Ms. P yang terkonfirmasi varian B117 (UK Variant) dan Mr. M yang terkonfirmasi varian B1351 (South Arifrican variant) yang tiba di RSLi pada 7 Mei 2021.

Laksamana dr IDG Nalendra, selaku Penanggung Jawab RSLI mengatakana bahwa keduanya telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Ms. P telah dipulangkan pada tanggal 20/5 dan Mr. M dipulangkan kemarin pada tanggal 24/5.

“Untuk yang B117, Ms. P pada tanggal 20 Mei, dinyatakan telah sembuh dan boleh pulang setelah karantina 14 hari dan dilakukan 2 kali PCR dengan hasil negatif berturut-turut. Karena yang bersangkutan tidak ada komorbid maka isolasi hanya membutuhkan waktu sesuai dengan standar WHO yakni 14 hari,” terang Laksamana Nalendra.

“Sedangkan untuk yang B1351, Mr. M diisolasi lebih lama yakni hingga 18 hari karena memiliki komorbid, sehingga swab pertama masih positif maka pada hari ke 18 dilakukan 2 kali swab dan hasilnya negatif berurut-turut,” tambahnya.

Laksamana Nalendra mengatakan bahwa keduanya telah dipulangkan kembali dengan pantuan yang ketat dari Dinas Kesehatan setempat dan didampingi oleh relawan dari RSLI.

“telah dikembalikan ke keluarga, meski secara klinik telah dinyatakan sembuh, tapi yang bersangkutan diminta untuk melakukan isolasi mandiri selama 7 hari. Pendampingan dari relawan RSLI pun diberikan untuk edukasi kepada masyarakat agar tidak ada penolakan karena stigma negatif,” pungkas Laksamana Nalendra. [adg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar