Pendidikan & Kesehatan

2 Pasien Positif Covid-19 di Pamekasan Dinyatakan Sembuh

Pamekasan (beritajatim.com) – Dua pasien positif Covid-19 yang Dirawat di RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, dipastikan sembuh menyusul adanya hasil tes swab dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menunjukkan hasil negatif.

Bahkan pasien yang berasal dari Kecamatan Larangan dan Proppo, sudah dipulangkan dari RSUD Smart Pamekasan sejak Rabu (22/4/2020). Sekalipun hasil lab swab belum kelar, akan tetapi secara klinis keduanya dinyatakan sembuh.

“Sebenarnya sebelum tes swab keluar, yang bersangkutan sudah diperkenankan pulang karena secara klinis dinyatakan sehat dan tidak mengalami keluhan. Sekitar dua hari berselang, hasil swab keluar dan hasilnya negatif dan saat ini keduanya dinyatakan sembuh,” kata Ketua Satgas Covid-19 RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr Syaiful Hidayat, Selasa (28/4/2020).

Lebih lanjut diungkapkan, kedua pasien yang dinyatakan terinfeksi virus corona tertular saat mengikuti pelatihan haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, beberapa waktu lalu. “Jadi yang bersangkutan termasuk anggota klaster pelatihan haji di Surabaya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk empat pasien lain yang saat ini tengah menjalani perawatan di RSUD Smart dan RS Moh Noer Pamekasan, masih menunggu hasil swab dari Kemenkes RI dan belum dipastikan keluar. “Sementara kami masih belum tahu, apakah dalam tiga hari ini atau bahkan hingga sepekan kedepan. Sebab hingga saat ini belum ada kabar,” jelasnya.

Sehari sebelumnya, Bupati Pamekasan Badrut Tamam juga melakukan konferensi pers tentang status kedua pasien posotif Covid-19 yang diperkenankan pulang ke rumah masing-masing. Konferensi tersebut dilakukan di Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja No 1 Pamekasan, Senin (27/4/2020) kemarin.

Dalam konferensi tersebut, Bupati Badrut Tamam juga menyampaikan jika kedua pasien positif Covid-19 yang diperkenankan pulang ke rumah masing-masing, karena sudah dinyatakan sembuh berdasar hasil swab Kemenkes RI.

Berdasar update peta sebaran Covid-19 di Pamekasan, tercatat sebanyak 1.948 warga terdata sebagai Orang Dalam Resiko (ODR), serta sebanyak 34 orang terdata sebagai Orang Dalam Pantauan (ODP). Sedangkan total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terdata sebanyak 6 orang, dua di antaranya dinyatakan negatif Covid-19.

Sementara untuk pasien posotif Covid-19, terdata sebanyak 7 orang yang tersebar di lima kecamatan berbeda di Pamekasan. Meliputi empat orang tengah menjalani perawatan di RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan dan RS Moh Noer Pamekasan, dua orang dinyatakan sembuh, serta satu orang meninggal dunia. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar