Pendidikan & Kesehatan

16 RS Muhammadiyah di Jatim Dapat Bantuan Alkes dari Temasek Singapura

Surabaya (beritajatim.com) – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim menerima 16 alat kesehatan (alkes) berupa ventilator dari Yayasan Temasek Foundation Singapura. Bantuan ini diperuntukkan bagi 16 RS Muhammadiyah di Jatim.

Serah terima bantuan senilai hampir Rp 2 miliar itu diterima Sekretaris PW Muhammadiyah Jatim, Tamhid Masyhudi, disaksikan Ketua MPKU PWM Jatim, dr Sholihul Absor MKes. Sedangkan dari Yayasan Temasek Foundation,.Ms Joanne dan Mr Shiren Ali melihat proses serah terima bantuan tersebut melalui virtual zoom.

Sekretaris PW Muhammadiyah Jatim, Tamhid Masyhudi mengatakan, bantuan ini sangat berarti bagi rumah sakit Muhammadiyah di Jawa Timur. “Secara nasional bantuan yang diberikan sebanyak 30 paket. Namun, khusus Jatim diberikan 16 paket non invasive ventilator. Peralatan ini sangat berarti bagi rumah sakit, khususnya yang kini ditunjuk sebagai rujukan Covid-19,” katanya.

Peralatan ini nantinya akan dibagikan ke 16 rumah sakit yang sudah ditunjuk oleh PW Muhammadiyah Jatim. Tidak semua rumah sakit Muhammadiyah yang menerima. “Peralatan diberikan kepada rumah sakit yang benar-benar sangat membutuhkan untuk merawat pasien yang terpapar Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Ketua MPKU PWM Jawa Timur, dr Sholihul Absor MKes mengakui sangat senang pihaknya menerima bantuan peralatan tersebut. Peralatan ini diharapkanbisa membantu pasien yang dalam kondisi sangat parah pernapasannya, khususnya mereka yang terkena Covid-19.

Pihaknya segera mendistribusikan peralatan ini agar bisa dimanfaatkan. Bagi rumah sakit yang belum mendapatkan bantuan, peralatan tersebut juga bisa dipinjamkan ke rumah sakit lainnya sesama jaringan rumah sakit Muhammadiyah.

“Kami akan maksimalkan peralatan ini untuk kesembuhan pasien. Peralatan ini juga langka dan sangat mahal harganya, jika tidak dimanfaatkan rugi,” pungkasnya. [tok/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar