Pendidikan & Kesehatan

16.302 Warga Terdampak Corona di Ponorogo Terima Dana BST

Penyerahan secara simbolis dana BST oleh Bupati Ipong Muchlissoni. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pemkab Ponorogo mulai menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) dari Pemerintah Pusat kepada 16.302 keluarga penerima manfaat (KPM) di bumi reyog. Penyaluran senilai Rp 600 ribu per KK itu, hari pertama dilakukan di kelurahan Banyudono sebanyak 111 KPM dan di kelurahan Bangunsari sebanyak 99 KPM.

“Menurut laporan dari Kepala Dinsos P3A tadi, di Jawa Timur baru Ponorogo yang sudah melakukan pencairan BST ini,” kata Ipong, usai penyerahan BST secara simbolis, Rabu (6/5/2020).

Ipong mengungkapkan Pemkab Ponorogo sejatinya mengusulkan 16.327 KPM, namun Pemerintah Pusat menyetujui 16.302, jadi ada 25 yang tidak disetujui. Pihak pusat beralasan meski NIK valid dan berdomisili di Ponorogo, namun alamat KTP luar Ponorogo.

“Sasaran penerima BST ini adalah warga yang terdampak virus corona dan belum pernah menerim bantuan sama sekali selain BST ini,” katanya.

Ipong memperkirakan seminggu ke depan BST sudah tersalurkan ke 16.302 KPM. Dalam proses, Pemerintah menggandeng Kantor Pos Ponorogo untuk pencairannya.

“Jadi jumlah penerima itu akan mendapat dana Rp 600 ribu itu selama 6 bulan. Ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah dalam mengurangi beban ekonomi masyarakat saat pandemi Covid-19,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar