Pendidikan & Kesehatan

15 Tenaga Kesehatan dan Pegawai RS di Jember Terpapar Covid, Sebagian Sembuh

Foto ilustrasi

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 15 orang tenaga kesehatan dan pegawai rumah sakit terpapar Covid-19 di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Namun sebagian sudah dinyatakan sembuh.

Ada tiga klaster dalam kasus positif Covid-19 ini, yakni dua klaster petugas rumah sakit dan klinik dan satu klaster petugas Dinas Kesehatan dan puskesmas. Mereka memiliki kontak erat dengan penghuni satu rumah yang sebagian juga dinyatakan positif.

Dalam klaster petugas RS dan klinik pertama, pasien kasus 65 adalah radiologis yang tinggal di Kelurahan Tegalbesar Kecamatan Kaliwates, pasien 66 adalah petugas kebersihan rumah sakit yang tinggal di Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang, pasien 89 adalah satpam rumah sakit yang tinggal di Kelurahan Jember Lor Kecamatan Patrang, dan pasien kasus 15 adalah tenaga kesehatan klinik yang tinggal di Desa Balet Baru Kecamatan Sukowono.

Mereka dinyatakan sembuh. “Semuanya berjenis kelamin laki-laki dan sembuh setelah dirawat di rumah sakit,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jember Gatot Triyono, Jumat (10/7/2020).

Sementara dalam klaster petugas RS dan klinik kedua, ada tiga orang perawat rumah sakit dan satu orang tenaga kesehatan. Seorang perawat warga Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, masih dirawat di rumah sakit sejak 2 Juli. Dia menulari istri, dua anaknya, dan seorang asisten rumah tangga.

Perawat ini memiliki kontak erat dengan perempuan tenaga kesehatan yang tinggal di Kelurahan Gebang, perawat rumah sakit yang tinggal di Kelurahan Tegalbesar Kecamatan Kaliwates, dan perawat rumah sakit yang tinggal di Kelurahan Jember Lor Kecamatan Patrang. Semuanya dinyatakan positif Covid-19.

Sementara untuk klaster petugas Dinkes Jember dan puskesmas, ada lima orang sudah dinyatakan sembuh. Mereka adalah tenaga kesehatan yang tinggal di Desa Subo, Kecamatan Pakusari; tenaga kesehatan warga Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Sumbersari; tenaga kesehatan warga Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates; tenaga kesehatan Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan; dan tenaga kesehatan Desa Kemuningsari Lor, Kecamatan Panti.

Dua orang tenaga kesehatan berstatus suami istri, warga Kecamatan Puger, masih dirawat di rumah sakit sejak 7 Juli 2020. Tiga orang yang tinggal serumah dengan mereka juga dinyatakan positif Covid dan sekarang sedang dirawat, yakni anak, mertua, dan adik ipar.

Secara umum, tercatat sejak 20 Maret hingga 9 Juli 2020, ada 157 orang di Jember yang terkonfirmasi positif. Sebanyak 66 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan lima orang meninggal. Sebanyak 86 pasien yang masih dirawat, sebanyak 82 orang di antaranya diisolasi di rumah sakit dan hanya empat orang diisoloasi di rumah. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar