Pendidikan & Kesehatan

140 Rapid Test Tiba di RSUD Jombang, Prioritas Bukan untuk Pejabat

Jombang (beritajatim.com) – RSUD Jombang menerima kiriman 140 rapid tes (alat untuk tes cepat) yang dikirim dari Pemprov Jatim. Hal itu mengingat RSUD Jombang merupakan rumah sakit rujukan untuk orang yang terinfeksi virus corona atau Covid-19.

“Semalam sebanyak 140 rapid test sudah tiba di RSUD Jombang. Alat tersebut digunakan untuk mengetahui imunitas seseorang. Karena kami merupakan salah satu dari 65 rumah sakit rujukan yang ditunjuk,” kata Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran usai mengikuti teleconference dengan Gubernur Khofifah Indar Parawansa di kantor Pemkab Jombang, Jumat (27/3/2020).

Pudji menjelaskan, jumlah rapid test tersebut cukup terbatas. Oleh sebab itu, ada skala prioritas penggunaan alat tersebut. Yakni untuk OTG (orang tanpa gejala) utamanya tenaga kesehatan. Kemudian untuk ODP (orang dalam pantauan) dan PDP (pasien dalam pemantauan).

“Tiga kelompok itu yang menjadi prioritas, bukan pejabat. Rapid tes menggunakan sampel darah. Jadinya lebih cepat hasilnya,” kata Pudji menambahkan.

Menurut Pudji, selama ini untuk mengetahui seseorang positif atau negatif corona menggunakan tes swab. Hasil tes tersebut cenderung lebih lama. Karena yang mengumumkan langsung dari Jakarta. “Kalau rapid tes, bisa langsung diketahui,” pungkasnya. [suf/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar