Pendidikan & Kesehatan

14 Tenaga Kesehatan di RSUD Prof Dr Soekandar Mojokerto Positif

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 14 orang tenaga kesehatan (nakes) di bagian operasi RSUD Prof Dr Soekandar, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto dinyatakan positif Covid-19. Ini setelah dilakukan uji swab terhadap seluruh nakes di kamar operasi pasca diketahui empat orang nakes di bagian bedah sentral positif.

Direktur RSUD Prof Dr Soekandar, dr Djalu Naskutub membenarkan, ada beberapa tenaga kesehatan di rumah sakit milik Pemkab Mojokerto yang dinyatakan positif. “Awalnya dari teman-teman di bedah sentral. Ada empat orang yang dinyatakan positif setelah pemeriksaan rutin dan sudah dilakukan isolasi,” ungkapnya, Selasa (28/7/2020).

Masih kata dr Djalu, dari empat orang nakes di bagian bedah sentral yang dinyatakan positif tersebut sehingga dilakukan swab terhadap seluruh nakes dan dokter di bagian operasi. Jumlah seluruhnya ada sebanyak 36 orang nakes dan dokter, dari jumlah tersebut yang dilakukan uji swab, hasilnya ada 10 orang nakes positif.

“Dari 4 orang nakes di bagian bedah sentral yang positif tersebut, sehingga seluruh nakes dan dokter dilakukan uji swab kemarin. Hasilnya dari Labkesda baru diketahui hari ini, ada 10 orang nakes di ruang Recovery Room (Ruang Pulih) dan Anestesi (pembiusan) yang dinyatakan positif. Hari ini, mereka langsung menjalani 10 diisolasi di RSUD,” katanya.

dr Djalu menambahkan, pihaknya belum mengetahui terkait riwayat penularan terhadap hampir separuh nakes di bagian kamar operasi yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut. Karena para nakes tersebut tidak hanya berada di rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Mojokerto saja, namun bisa saja dari internal dan eksternal. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar