Pendidikan & Kesehatan

14.200 Dosis Vaksin Tiba di Ponorogo untuk Vaksinasi Tahap Kedua

Petugas dari kepolisian mengangkat vaksin dari mobil pendingin. (Foto/Endra Dwiono).

Ponorogo (beritajatim.com) – Vaksinasi yang diprogramkan Pemerintah Pusat bakal digelar lagi di Ponorogo. Setelah sukses pada tahap pertama. Vaksinasi tahap kedua ini akan segera dilakukan lagi dalam seminggu ke depan. Setelah pengiriman kedua ini sudah tiba lagi ke bumi reyog pada Selasa (23/2) sore ini. Vaksin untuk vaksinasi tahap dua ini, masih dengan merek yang sama, yakni vaksin Sinovac dari Tiongkok.

Kepala bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Ponorogo drg. Heni Lastari mengungkapkan pengiriman vaksin kali ini, sebanyak 14.200 dosis. Dengan sasaran untuk petugas pelayanan publik. Namun, untuk saat ini datanya masih belum fix. Masih bisa terus bertambah.

“Selain petugas pelayanan publik, vaksinasi kita dulukan untuk tenaga kesehatan (nakes) yang pada tahap pertama lalu belum dapat vaksin,” katanya.

Heni menyebutkan bahwa jumlah vaksin yang dikirimkan ini untuk dua dosis penyuntikan. Untuk nakes rencananya dilakukan pada hari Rabu dan Kamis. Pada hari Jumat dan Sabtu untuk anggota TNI dan Polri di bumi reyog. Sementara pada hari Senin sampai Rabu diperuntukan bagi petugas dinas terkait atau OPD di lingkup Pemkab Ponorogo. “Ada sekitar 2.100 nakes yang tahap pertama belum tervaksinasi, rencananya akan dilakukan vaksinasi pada hari Rabu dan Kamis ini,” katanya.

Dinkes Provinsi Jatim, kata Hani bakal ada pengiriman vaksin lagi pada tanggal 1 Maret nanti. Dengan harapan, vaksinasi tahap kedua ini bisa mengcover petugas publik, termasuk untuk para wartawan. “Tahap kedua ini vaksinasi dimulai besok, kemudian suntikan kedua pada 14 hari, setelah suntikan pertama,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar