Pendidikan & Kesehatan

13.875 Peserta Daftar UTBK di UNAIR

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagai salah satu kampus utama yang mendapat amanah untuk menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasik Komputer (UTBK), Universitas Airlangga (UNAIR) telah melakukan banyak persiapan demi terlaksanya ujian dengan baik. Baik persiapan sarana prasarana maupun sistem yang digunakan dalam proses pendaftaran hingga pelaksanaan ujian.

Mengenai UTBK yang menjadi salah satu syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2019, Ketua PPMB UNAIR Dr. Ahmad Solihin dan tim panitia UTBK memberikan beberapa paparan mengenai kesiapan dan informasi seputar UTBK.

Tercatat total pendaftar UTBK di UNAIR untuk gelombang I yang dimulai pada tanggal 1 hingga 24 maret 2019 sebanyak 13.875 peserta. Dari jumlah tersebut sebanyak 7.310 peserta UTBK memilih kelompok Saintek dan 6.565 peserta UTBK memilih kelompok Soshum.

Dari jumlah itu, 11.455 pendaftar UTBK menggunakan jalur reguler dan 2.420 pendaftar UTBK menggunakan bantuan pendidikan bidikmisi.

Demi suksesnya pelaksanaan UTBK, salam pelaksanaanya, UNAIR menggandeng empat mitra dari perguruan tinggi swasta di Surabaya. Ialah Universitas Tujuh Belas Agustus, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA), Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), dan Universitas Dr Soetomo (Unitomo).

Melalui persiapan yang matang dan dengan kerja sama dengan kampus mitra yang baik. Dalam pelaksanaan UTBK, UNAIR telah menyediakan kapasitas komputer sebanyak 28.380. Tidak hanya itu, UNAIR juga menyediakan tempat UTBK bagi penyandang distabilitas.

Untuk informasi tambahan terbaru, di hari pertama pendaftaran Gelombang II UTBK, jumlah pendaftar UTBK di UNAIR sebanyak 15.173. Dengan rincian, 7.925 memilih kelompok Saintek dan 7.248 memilih kelompok Soshum. Sedangkan, 12.133 pendaftar reguler dan 3.040 pendaftar dengan bantuan pendidikan bidikmisi.

Jumlah pendaftar akan terus meningkat mengingat hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah diumumkan pada jumat pekan lalu. Terkait kesiapan, Suko Widodo selaku Ketua Pusat Informasi dan Humas UNAIR mengatakan bahwa UNAIR telah melakukan serangkaian persiapan yang matang.

“Semua sudah disiapkan, komputer dan panitia. Tinggal menunggu hari H. semoga semuanya lancar,” ujar Suko. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar