Pendidikan & Kesehatan

1,22 Juta Dosis Vaksin InaVac Siap Didistribusikan

Vaksin Inavac Buatan Universitas Airlangga

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 1,22 juta dosis vaksin InaVac didistribusikan Universitas Airlangga (Unair) ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk siap digunakan masyarakat, khususnya orang dewasa.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Community Development Unair Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih mengungkapkan, bahwa sementara waktu vaksin booster bagi orang dewasa masih menunggu pengecekan BPOM.

“Sekarang setiap batch produk vaksin itu dicek oleh BPOM, walau sudah mendapat EUA (Emergency Use Authorization) bukan berarti langsung dikirim. Tapi dicek lagi supaya tidak terjadi residu yang tidak diinginkan, aman, kemudian dikirim,” ungkap Prof Nyoman, Selasa (3/1/2023).

Prof Nyoman mengungkapkan jika tahun ini tim peneliti Unair masih akan melanjutkan penelitian vaksin untuk anak, remaja dan booster remaja. Sebab, di tahun 2022 pihaknya masih fokus dengan penelitian vaksin untuk orang dewasa.

“Kami menunggu PTUK (uji kompetensi) untuk booster remaja sambil berjalan (penelitian vaksin) anak, itu yang terakhir,” katanya.

Ditambahkan, vaksin InaVac telah siap didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia. Ia berharap Jawa Timur mendapatkan sebagian dosis vaksin tersebut.

Menurutnya, masyarakat bisa mendapatkan vaksin InaVac setelah dikirim Kemenkes ke tempat pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia. “Semoga Jatim dapat, karena ini masih terbatas pengirimannya,” tandasnya. (ipl/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar