Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

120 Ribu Pramuka di Jember Digerakkan untuk Percepat Vaksinasi

Jember (beritajatim.com) – Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman mengatakan, ada 120 ribu anggota pramuka yang akan digerakkan untuk mendukung percepatan program vaksinasi pemerintah.

“Kami insya Allah dapat bantuan vaksin dari pemerintah provinsi (untuk) sebanyak dua ribu (sasaran) dan kami akan tambahi tiga ribu (sasaran),” kata Firjaun, Minggu (15/8/2021). Para anggota pramuka akan dimintai bantuan untuk mengedukasi masyarakat Jember.

Pramuka diharapkan bisa memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak takut divaksin dan dites swab. “Karena swab ini deteksi dini agar bisa mengantisipasi. Tidak kemudian drop baru ke rumah sakit,” kata Firjaun.

Para anggota pramuka ini juga akan divaksin. Mereka yang sudah divaksin diharapkan bisa menceritakan pengalaman masing-masing kepada warga yang belum divaksin, untuk membantah kabar negatif soal vaksin. “Ini perlu gerakan bersama dari semua elemen masyarakat yang selama ini sudah melakukan upaya percepatan penanggulangan pandemi,” kata Firjaun.

Terpisah, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Jember Wiwik Supartiwi mengatakan, vaksinasi dosis pertama sudah mencakup 12 persen warga dan untuk dosis kedua kurang lebih sekitar delapan persen.

“Saat ini di lapangan lebih banyak yang menginginkan vaksin. Kami atur jadwalnya sesuai ketersediaan vaksin. Yang perlu kita tingkatkan adalah cakupan lansia (lanjut usia). Kami perlu bantuan masyarakat untuk menyadarkan mereka untuk hadir dan bisa ikut divaksin, karena mereka termasuk kelompok risiko,” kata Wiwik.

Vaksinasi saat ini juga merambah ibu hamil, kelompok disabilitas, orang dengan gangguan jiwa, dan dosis ketiga untuk tenaga kesehatan. “Untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun kami belum lakukan vaksinasi karena belum ada petunjuk pelaksanaan. Kalau yang usia 17 tahun sudah berjalan,” kata Wiwik. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar